Operasi Pasar Atasi Ikan Mahal

0
38
KEGIATAN Operasi Pasar Ikan Murah yang digelar Perusda, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, tim ketahanan pangan serta PT Perindo dipadati oleh warga yang dapat membeli ikan dengan harga murah. f-hardiansyah/TANJUNGPINANG POS

Natuna 99 persen laut dan merupakan sarang ikan. Namun, pasokan ikan terbatas di pasar hingga membuat harganya melambung. Operasi pasar pun harus dilakukan untuk mengatasinya.

NATUNA – Tingginya harga ikan dikarenakan cuaca buruk. Sehingga membuat kurangnya pasokan ikan di pasar ikan Ranai. Hal itu menggerakkan pemerintah daerah untuk mengantisipasinya dengan mengadakan operasi pasar ikan murah melalui Perusahaan Daerah (Perusda).

Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti bersama unsur OPD, mulai dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan, tim ketahanan pangan, Perusda serta langsung dari PT. Perindo menyediakan ikan membantu masyarakat mengatasi kelangkaan ikan dengan menjual ikan murah.

Kadisperindagkop Natuna Helmi Wahyuda mengatakan, operasi pasar tersebut bukan untuk menyaingi para pedagang di pasar ikan, namun untuk membantu masyarakat dengan tingginya harga ikan yang terjadi belakangan ini.

”Sebelumnya kita dipanggil Wabup untuk segera mengantisipasi tingginya harga ikan di Pasar Ranai dengan memprogramkan operasi pasar ikan murah. Jadi kita bersama Perindo, Dinas Ketahanan Panagan, dan Perusda untuk segera melaksanakan operasi pasar tersebut,” Kata Helmi Wahyuda, Minggu (2/9).

Tujuan diadakannya operasi ini supaya harga ikan bisa kembali normal dan bisa mengatasi kelangkaan ikan dikarenakan cuaca buruk yang terjadi akhir-akhir ini.

”Kita tidak bermaksud untuk membuat para pedagang ikan merugi. Tujuan operasi ini mengantisipasi keterbatasan ikan di pasar,” jelasnya.

Sementara Badan Pengawas Perusda Arifin menjelaskan, operasi pasar ikan murah ini berdasarkan kesepakatan bersama pemerintah daerah dengan unsur OPD dan Perindo.

”Jadi pada operasi pasar ikan murah ini kita hanya membantu menjualkannya saja. Sedangkan untuk ketersediaan ikan langsung dari Perindo,” ujarnya.

Operasi ini berlangsung selama dua hari mulai dari hari Sabtu dan Minggu. Dan rencananya operasi pasar ikan akan dilaksanakan secara berkelanjutan.

”Insyaallah operasi pasar ikan murah ini dilaksanakan berkelanjutan. Dan pelaksanaan operasi pasar akan dibuka setiap dua kali dalam seminggu yaitu hari Sabtu dan Minggu,” tandasnya. (HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here