Operasi Zebra Digelar, Pembuatan SIM Meningkat

0
55
Warga saat antre memasukan permohonan pembuatan SIM di kantor Polres Tanjungpinang, Kamis (8/11). f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Permohonan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di kantor Polres Tanjungpinang meningkat 50 persen.

Peningkatan pembuatan SIM, salah disebabkan karena dalam satu pekan terakhir ini, kepolisian rutin menggelar razia kendaraan bermotor dalam Operasi Zebra Seligi 2018. Kebanyakan pengendara yang ditilang karena tidak memiliki SIM.

Kasat Satlantas Polres Tanjungpinang, AKP Krisna Yowa Rahmadahni mengatakan, untuk pemohon pembuatan SIM meningkat sekitar 50 persen jika dibandingkan dengan hari biasanya, sebelum digelarnya razia kendaraan.

”Banyak pengendara yang ditilang akibat tidak memiliki SIM saat Operasi Zebra ini. Saat ini di Satlantas Polres Tanjungpinang permohonan pembuatan SIM terjadi lonjakan signifikan,” katanya Kamis (8/11).

Lanjutnya, dihari biasa permohonan SIM paling sekitar 20 pemohon saja, tapi setelah digelar razia kendaraan, meningkat mencapai 40 hingga 50 orang pemohon per harinya. Usia para pemohon mulai dari 25 tahun yang paling banyak membuat SIM. ”Untuk usia 17 tahun masih sedikit yang mengajukan permohonan pembuatan SIM,” sebutnya.

Krisna berharap, masyarakat seharusnya tidak menunggu digelarnya Operasi Zebra Seligi atau operasi-operasi lainnya baru ada mau mengurus SIM. ”Seharusnya sejak menginjak umur 17 tahun, bagi pengguna roda 2 maupun roda 4 sudah ada kesadaran ingin memiliki SIM,” jelasnya.

Operasi Zebra Seligi 2018 dimulai 2018 mulai 30 Oktober-12 November mendatang. Kasat mengimbau, kepada seluruh pengendara agar selalu menaati aturan demi terciptanya Keamanan, Keselamatan Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcar).

Para pengemudi untuk tidak menggunakan handphone saat berkendara, tidak melawan arus, pengemudi sepeda motor berboncengan tidak lebih dari satu, pengemudi dan penumpang sepeda motor yang harus menggunakan helm SNI.

”Yang banyak kita temukan saat operasi pengendara tidak memiliki SIM dan tidak menggunakan helm ganda,” ujarnya. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here