Optimis 2020 Seluruh Sekolah Berbasis UNBK

0
144
Pelajar SMKN 2 Tanjungpinang saat menggelar ujian nasional berbasis komputer, Senin pagi

TANJUNGPINANG – Permasalahan listrik dan jaringan internet menjadi kendala utama bagi sekolah-sekolah khususnya di pulau-pulau Provinsi Kepri tidak dapat menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Gubernur Kepri H Nurdin menargetkan tahun 2020 optimis seluruh Sekolah Menengah Atas (SMA) sederjat sudah tuntas menyelesaikan persoalan tersebut. Nurdin Basirun mengaku persoalan pendidikan di Kepri selain menyangkut tenaga pendidik yang minim juga masih menjadi tugas berat ke depan masalah penyelenggaraan UNBK secara menyeluruh.

“Tadi saya tanya dengan Kepala Dinas Pendidikan persoalan sekolah
yang belum berbasis komputer,” ujar Nurdin kepada Tanjungpinang Pos, Senin (25/3) pagi di SMKN 2 Tanjungpinang.

Setelah mendengar penjelasan Dinas Pendidikan, persoalan utama yakni karena jaringan listrik serta fasilitas internet yang masih sangat minim sehingga tidak memungkinkan melaksanakan UNBK.

“Saat ini yang sudah mampu 100 persen, di Kota Batam, Karimun dan sekolah di Tanjungpinang, sementara daerah lain belum dengan berbagai kendala, terutama masalah jaringan,” terang Nurdin.

Ia menargetkan 2020 mendatang berbagai cara dilakukan agar seluruh sekolah di Kepri khususnya SMA sederajat bisa melaksanakan UNBK.

“Ya, saya sampaikan ke mereka (Disdik,red) tahun 2020 persoalan ini sudah harus selesai,” tegasnya.

Nurdin percaya bahwa seluruh siswa di Kepri apakah di pulau maupun di kota siap melaksanakan UNBK. Bahkan meyakini bisa lulus 100 persen nantinya.

“Ya saya melihat anak-anak kita siap semua kok. Mereka pintar dan genius, menghadapi ujian nasional. termasuk saya lihat, kesiapan kepala sekolah dan guru. ya mudah-mudahan ke depan, menghasilkan nilai yang bagus,” jelas Nurdin.

Sebagai pejabat nomor satu di Kepri, Nurdin menginginkan prestasi pendidikan di Kepri harus unggul dibandingkan dengan provinsi lainnya di Indonesia. “Saya mengingikan tentunya ujian nasional kali ini anak-anak kita lulus dan meraih nilai yang lebih baik,” harap Nurdin ke depan. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here