Optimis Capai 700 Ribu Wisman

0
174
WAKIL Bupati Bintan H Dalmasri Syam didampingi Kapolres AKBP Boy Herlambang dan pimpinan FKPD melepas peserta Tour de Bintan 2019, Sabtu (30/3) lalu. f-yendi/tanjungpinang pos

LAGOI – Pemkab Bintan optimis mampu mencapai target 700 ribu kunjungan wisatawan mancanegara (wisman), pada tahun 2019 ini. Selain iven sport tourism, bakal ada kapal pesiar yang masuk ke Bintan pada tahun ini.

Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam mengatakan, untuk satu iven internasional, seperti Tour de Bintan (TdB) 2019, lebih kurang 4 ribu wisman yang masuk ke Lagoi. Jumlah itu belum termasuk di perhotelan kawasan Trikora dan lainnya. Justru itu, Pemkab Bintan terus menggelar kegiatan olahraga wisata, seperti TdB, triathlon, ironman, Internasional Bintan Marathon, dan Moonrun.

”Kami bangga lah, Tour de Bintan 2019 berlangsung sukses. Walaupun hujan, 4 ribuan lebih turis yang masuk ke Lagoi. Kita optimis, 700 ribu kunjungan wisman pada tahun 2019 ini, bisa tercapai. Masih ada belasan agenda wisata lagi, sampai akhir tahun,” kata Dalmasri, usai membuka Tour de Bintan 2019, di Simpang Lagoi, Sabtu (30/3) lalu.

”Kalau turis banyak masuk, jelas akan meningkatkan PAD kita. Terutama dari pajak dan retribusi sektor pariwisata. PAD itu untuk membangun daerah. Ini tujuan dari diselenggarakannya iven wisata, seperti Tour de Bintan. Selain meningkatkan prestasi balap sepeda,” sambungnya.

Titik Lestari Kabid Area IV Deputi I Kemenpar RI mengatakan, pemerintah pusat mengapresiasi dan terus mendorong iven yang digelar Pemkab Bintan ini. Selain Tour de Bintan, bakal ada lagi yang dilaksanakan oleh Pemkab Bintan, sampai akhir tahun nanti. Seperti Bintan Triathlon, Ironman dan beberapa iven.

”Iven di Bintan ada yang masuk di 10 kalender internasional Kemenpar RI. Ada juga yang masuk di 100 kalender wisata nasional. Kami akan terus dukung, dengan harapan bisa selalu mendatangkan turis dalam jumlah banyak,” kata Titik Lestari.

Kadisbudpar Bintan Wan Rudi menambahkan, selain iven sport tourism, tahun 2019 ini kunjungan wisman di Bintan bakal didongkrak dari kerja sama dengan kapal pesiar, Craft dan Caribbean Cruise. Sebelumnya, BRC Lagoi sudah kerja sama dengan Dreams Cruise, yang membawa 4.000 turis per minggu.

”Kapal pesiar Craft juga bakal membawa turis sebanyak 4.000 per minggunya. Nah, kalau yang Caribbean Cruise ini, bisa 5.000 turis. Mereka tidak sandar di Lagoi langsung, mereka labuh di tengah laut. Tapi, turisnya turun ke Bintan,” kata Wan Rudi Iskandar.

”Sekitar Mei nanti, sudah jalan kerja sama ini,” sambungnya.

Dengan demikian, Pemkab Bintan optimis bisa mencapai target kunjungan wisman (turis) sebanyak 700 ribu, untuk tahun 2019 ini, ditambah dengan kegiatan iven internasional.

”Tahun 2018 lalu, kunjungan turis ke Bintan 550 ribu. Tahun ini 700 ribu. Kita optimis mencapai target itu,” tegas Wan Rudi. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here