Orang Asing Mulai Diawasi

0
333
Kepala Imigrasi dan Kapolres memberikan keterangan pers. f-raymon/TANJUGNPINANG POS

TANJUNGPINANG – Orang asing yang masuk ke Tanjungpinang dan Bintan mulai diawasi. Pengawasan dan pemantauan sistem khusus pengawasan interpol akan terpasang di beberapa wilayah termasuk di Tanjungpinang. Sistem ini akan terkoneksi oleh interpol seluruh dunia. Tujuannya, terkait pengawasan orang asing yang memasuki wilayah negara lain.

Hal ini diungkapkan Kepala Imigrasi Kota Tanjungpinang Honky Juanda usai melakukan pertemuan dengan Kapolres Tanjungpinang, Selasa (27/11). ”Jika ada orang yang tidak dikehendaki akan dapat diketahui di sistem tersebut. Di Tanjungpinang bagian dari interpol kan ada di Polres setempat,” jelasnya.

Sambung dia, dalam pertemuan tersebut juga membahas tindak pidana perdagangan orang.

”Ada beberapa hal yang kita bahas. Tentang pengawasan orang asing dan orang Indonesia keluar negeri yang dapat terindikasi sebagai tindak pidana perdagangan orang,” katanya.

Menurutnya, lalulintas perjalanan manusia baik masuk dan keluar daerah cukup banyak dari wilayah Bintan dan Tanjungpinang yang merupakan wilayah kerja imigrasi.

Untuk mengantisipasi tindak pidana dari jalur lintas orang asing ini, pihaknya telah menerapkan beberapa sistem pengawasan secara terkoneksi internasional.

Menurutnya, ada kode kantor manajemen imigrasi yang sistem sudah terdata base online dari pusat. Jadi orang-orang yang tidak dikehendaki datang dapat terdeteksi sistem Imigrasi Tanjungpinang.

”Selain itu juga ada sistem interpol yang akan dilakukan di lima tempat pemeriksaan imigrasi besar di Indonesia. Dan perlahan akan dilakukan di beberapa wilayah lainnya,” sebutnya.

Beberapa sistem ini, maka orang asing maupun orang Indonesia yang akan pergi ke luar negeri akan dapat tercegah dari tindak Pidana.

Sementara itu, Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi mengatakan, potensi-potensi kejahatan yang menyangkut orang asing baik dari luar dan dalam negeri dengan itu kita saling menguatkan untuk mengatasi permasalah.

”Selain itu juga dengan DPO yang telah ditetapkan yang ingin keluar negeri melalui Tanjungpinang kita bersama telah menyiapkan langkah-langkah mengatasinya,” ujarnya. (ray)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here