Orang dengan Gangguan Jiwa Bisa Nyoblos

0
490
Priyo Handoko

Orang dengan gangguan jiwa diberikan hak yang sama di pemilihan umum (Pemilu) serentak yang berlangsung pada 17 April 2019 mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten/ kota di wilayah Provinsi Kepri langsung mencari keberadaaan orang dengan gangguan jiwa.

TANJUNGPINANG – Untuk memenuhi itu, KPU membangun koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial di daerah masing-masing di wilayah Provinsi Kepri. Agar KPU bisa langsung mendata berapa banyak orang dengan gangguan jiwa di daerah masing-masing.

Yang didata nanti, kata Devisi Program dan Data KPU Provinsi Kepri, Priyo Handoko, orang dengan gangguan jiwa sudah berusia 17 tahun. Karena di usia 17 tahun, yang diberikan hak pilihnya di Pemilu 2019 nanti.

Baca Juga :  KPU Tetapkan 141.777 Pemilih

Informasi awal yang diterimanya, KPU Kota Batam sudah memiliki data sekitar 20 orang dengan gangguan jiwa. Kemudian, di daerah Kabupaten Karimun hanya 1 orang dengan gangguan jiwa.

Kalau di daerah Kabupaten Lingga, ada sekitar 4-5 orang dengan gangguan jiwa. ”Ini baru data sementara. Untuk pastinya, kita masih mendata,” tegas dia.

Kalau sudah ada data tersebut, lanjut Priyo, KPU kabupaten/ kota akan langsung menggelar rapat pleno terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019. Lalu, data orang dengan gangguan jiwa akan disampaikan ke tingkat KPU RI.

Baca Juga :  Bakti Lubis Janjikan Rekomendasi Cagub Segera

”Prediksi kita tidak sampai seratus orang. Untuk angka pastinya, kita tunggu data dari masing-masing KPU kabupaten/ kota yang sedang mendata,” sebut dia. (ANDRI DS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here