Organda Kepri Minta Kepala Daerah Dukung Transportasi Darat

0
332
KETUA DPD Organda Kepri Syaiful (kiri) mempekenalkan Bajaj Qute kepada Bupati Lingga Alias Wello untuk armada angkutan umum di Lingga, baru-baru ini. F-istimewa

TANJUNGPINANG – Pengurus Organda Kepri meminta kepala daerah se-Kepri untuk mendukung transportasi angkutan umum darat. Ketua DPD Organda Kepri, Syaiful mengatakan, transportasi memegang peranan penting dalam perpindahan orang dan barang antar lokasi yang berjauhan.

Transportasi merupakan tolak ukur dalam interaksi keuangan antarwilayah dan menempati posisi yang sangat strategis dalam menunjang proses perkembangan suatu wilayah.

Suatu wilayah akan berkembang jika terjadi dinamika perpindahan barang dan orang dengan wilayah lainnya. Adanya perpindahan barang dan orang antarsatu wilayah dengan wilayah lainnya merupakan faktor penentu berjalannya kegiatan ekonomi antarwilayah tersebut.

”Keberhasilan pembangunan suatu wilayah sangat dipengaruhi oleh peran transportasi sebagai urat nadi kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya, pariwisata, pertahanan dan keamanan,” ujar Syaiful, kemarin.

”Walaupun Provinsi Kepri merupakan daerah maritim yang 96 persen wilayahnya terdiri dari lautan, namun penduduknya bermukim di darat, bukan di laut,” tambahnya.

Beberapa kepala daerah di Kepri ini hanya terfokus kepada transportasi udara dan laut saja. Mereka dengan entengnya menggelontorkan APBD untuk mensubsidi hingga miliaran setiap tahunnya.

”Namun apakah pesawat atau kapal itu bisa mengantarkan orang atau barang hingga ke rumah, kantor, pasar, hotel atau tempat lainnya? Tentu tidak bisa,” bebernya lagi.

Ada beberapa daerah di Kepri yang tidak memiliki transportasi angkutan umum darat seperti taksi, angkot, bus dan angkutan pedesaan, seperti Anambas, Natuna, Lingga, bahkan Bintan pun tidak memiliki angkutan kota maupun angkutan perdesaan. (mas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here