PAD Merosot, Lelang Proyek Fisik Dimulai Mei

0
143
BUPATI Bintan H Apri Sujadi bersama Kadis PUPR Hery Wahyu meninjau lokasi kegiatan penataan taman Kota Kijang, baru-baru ini.
Pemkab Bintan cemas, karena pendapatan daerah dari pos PAD sektor pariwisata merosot, akibat imbas virus korona. Bupati Bintan H Apri Sujadi akan mengevaluasi keuangan daerah, dan proses lelang proyek fisik dimulai awal Mei mendatang.

BINTAN – BUPATI Bintan H Apri Sujadi menjelaskan, Pemkab Bintan menargetkan akan melakukan pekerjaan dan lelang fisik pada awal Mei 2020 mendatang. Penundaan jadwal pelaksanaan kegiatan fisik ini dilakukan, imbas dari antisipasi terjadinya penurunan PAD, akibat virus korona. Sebab, wabah korona menyebabkan pendapatan sektor pariwisata merosot tajam di awal tahun 2020 ini.

Baca Juga :  Upacara HUT Ke-74 Kemerdekaan RI di Kijang

”Sumber keuangan daerah dari pos PAD kita (Bintan), 60 persen berasal dari sektor pajak dan retribusi pariwisata. Kalau PAD sektor pariwisata merosot, mana uang kita mau jalankan kegiatan di awal tahun ini,” ucap Apri Sujadi usai membuka Forum OPD, Rabu siang lalu.

Sebagai antisipasi kekurangan kas daerah, Bupati Bintan Apri Sujadi meminta agar tim TAPD segera membuat laporan, terkait pengaruh korona bagi pendapatan daerah. Karena, PAD sektor pariwisata itu menyangkut realisasi pembangunan yang sudah ditetapkan.

Baca Juga :  Desa di Tambelan Dialokasikan Rp 10,15 M

”Kita sudah meminta agar TAPD segera membahas, dampak pengaruh penurunan wisman bagi pendapatan daerah, yang akan berimbas dalam realisasi pembangunan. Oleh sebab itu, pelelangan kegiatan mungkin bisa dilakukan di bulan Mei nanti,” ujarnya.

Tapi untuk pelelangan jasa konsultan, sebut bupai, mungkin bisa dilakukan pada bulan Maret ini. Namun untuk kegiatan fisik, diputuskan akan dilakukan Mei mendatang, setelah ada hasil laporan dari tim TAPD.

”Jangan kita nanti sibuk dengan pembangunan di awal tahun, sementara realisasi pendapatan daerah sangat minim. Jadi, harus kita antisipasi sedini mungkin,” tutupnya. (Fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here