PAD Naik Terus Tiap Tahun

0
448
Azwandi

ANAMBAS- Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Kepulauan Anambas selalu naik setiap tahun. Ini sesuai dengan target Rancangan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).“

”Alhamdulillah untuk PAD Anambas walaupun tergolong kecil, namun terus menunjukan peningkatan,” ungkap Azwandi Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) KKA, Jumat (6/4).

”Menurut Azwandi, untuk tahun 2018 pihaknya menargetkan PAD sebesar Rp34 milliar yang terdiri dari pajak, retribusi, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan serta pendapat lain-lain. Sampai dengan 31 Maret 2018 lanjut Azwandi, realisasi PAD telah mencapai Rp7,5 milliar, kalau dilihat trennya yang masih terus berjalan maka akan sesuai dengan target. Karena biasanya akan terjadi lonjakan pada triwulan III dan triwulan IV.

Baca Juga :  Pesawat Amfibi Menunggu Keputusan Resor

”Biasanya lonjakan itu terjadi akibat pelunasan hutang, kemudian pembayaran pajak yang belum terealisasikan,” ujarnya.

Azwandi mengakui, PAD KKA memang tergolong kecil karena masih bergantung pada pajak daerah yang terdiri dari pajak hotel, restoran, dan parkir. “Untuk parkir sudah masuk dalam PAD, saat ini telah didapatkan Rp21 juta dari Rp100 juta yang ditargetkan,” jelasnya.

Kendati menunjukan tren positif namun Azwandi menyampaikan, terjadi penurunan PAD pada tahun 2018. Hal ini disebabkan ada BOS yang tidak dimasukan dalam PAD akibat keluarnya surat edaran dari Mendagri, pada tahun 2017 itu dana BOS masuk menjadi PAD dan 2018 dikeluarkan.

Baca Juga :  Investor Asal Tiongkok Kunjungi Anambas

Disinggung langkah peningkatan PAD, Azwandi menyampaikan bahwa pada peningkatan itu tidak boleh lepas dari Undang-Undang (UU) no 28 tahun 2009 yakni terdapat 11 jenis pajak.(end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here