Padamkan Api, Petugas Damkar Sesak Nafas

0
193
DJEMI Ariesta, personel Damkar UPT Bintan Utara yang sempat sesak nafas saat memadamkan kebakaran di Kecamatan Teluksebong, Senin sore lalu. f-jendaras/tanjungpinang pos

TANJUNGUBAN – Djemi Ariesta, seorang personel pemadam kebakaran (Damkar) UPT Bintan Utara mengalami sesak nafas, saat memadamkan api di lokasi kebakaran lahan, Senin (19/8) lalu di wilayah Sebong Pereh, Kecamatan Teluk Sebong. Ia nyaris menjadi korban.

Beruntung, para rekannya langsung melakukan evakuasi terhadap Djemi dan merujuknya ke Puskesmas terdekat.

Syamsul, seorang personel Damkar lainnya membenarkan peristiwa, yang menimpa rekan satu timnya tersebut.

”Iya bang, sesak nafas. Selain cuaca yang sangat panas, kebakaran yang cukup luas juga menimbulkan asap yang sangat banyak. Namun sudah dilakukan penanganan,” sebutnya, Selasa (20/8).

Ia menambahkan, kejadian tersebut merupakan risiko petugas Damkar, saat melakukan pemadaman kebakaran. Namun pihaknya sudah menerapkan standar keselamatan agar petugas juga tetap aman dalam bertugas.

Dari pantauan Tanjungpinang Pos di beberapa kejadian kebakaran dalam sepekan terakhir, terlihat para personel Damkar belum memiliki alat keselamatan yang maksimal.

Seperti baju atau wearpack yang sudah terlihat lama. Kemudian juga masker dan Handy Talkie (HT) yang masih kurang. Seharusnya setiap personel diberikan HT agar komunikasi lebih mudah, namun hanya terlihat 2 HT saja yang ada. (aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here