Padang Melang Seperti Aquarium

0
529
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun didampingi Bupati Anambas Abdul Haris serta pejabat Kepri dan pejabat Anambas lainnya duduk bersila saat pembukaan Festival Padang Melang di Anambas, Kamis (26/7). f-indra gunawan/tanjungpinang pos

FPM Dijadikan Agenda Tahunan Bersama

Tak banyak pantai pasir putih yang memanjang hingga 7,6 kilometer. Selain pasirnya halus, lautnya juga alamai. Ekosistemnya terpelihara dan bersih seperti aquarium. Itulah Pantai Padang Melang Anambas.

ANAMBAS – BANYAK kata-kata yang tidak bisa disampaikan melihat keindahan Pantai Padang Melang Anambas tersebut. Namun, lokasi wisata ini belum banyak dikenal orang dan promosinya juga dianggap masih minim.

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun pun meminta agar membentuk kekuatan bersama untuk mempromosikan Pantai Padang Melang antara Pemprov Kepri dengan Pemkab Anambas.

Hal itu disampaikan Nurdin saat membuka Festival Padang Melang (FPM) di Pulau Jemaja, Anambas, Kamis (26/7). Nurdin juga mengatakan, FPM dijadikan agenda tahunan Provinsi Kepri.

”Kepala Dinas Pariwisata, FPM ini harus masuk agenda tahunan kalender pariwisata Provinsi Kepri yang bersinergi antara pemerintah provinsi dan kabupaten,” kata Nurdin saat itu.

Menurut Nurdin, sudah sepantasnya FPM dijadikan agenda tahunan Provinsi Kepri, mengingat dalam kegiatan ini selain menampilkan keindahan alam, seperti pantai dengan panjang 7,6 Km dengan pasir putih yang halus, laut yang indah seperti aquarium, kuliner yang khas serta tradisi yang luar biasa.

Baca Juga :  SKK Migas Jalin Silaturahim dengan PWI Kepri

”FPM ini punya daya tarik tersendiri dengan segala keindahan dan apabila dikelola dengan baik maka keindahannya tak kalah dengan salah satu destinasi wisata dunia yang mendunia seperti Maldives,” jelasnya.

Dengan logat Melayu yang khas, kata Nurdin, walaupun acara ini belum dipromosikan secara maksimal namun respon wisatawan untuk datang sangat luar biasa. Itu dapat dilihat dari belasan kapal mewah (yacht) yang berlabuh di sepanjang Pantai Padang Melang.

”Kita sepakat daerah ini kita dorong menjadi destinasi pariwisata yang menarik dan mampu memikat wisatawan baik itu lokal maupun manca negara dan itu dapat dilihat dari ramainya wisatawan asing ke Anambas,” jelasnya lagi.

Namun untuk mendorong hal itu, lanjut Nurdin, harus ada dorongan masyarakat agar Padang Melang tambah elok dan cantik. Laut yang indah mesti dijaga dan jangan buang sampah sembarangan. ”Kepri dikenal unggul di bidang maritim, dengan pariwisata yang sangat menarik dan bukan hanya Anambas namun juga kabupaten lainnya,” bebernya.

Baca Juga :  566 Kelompok Desa Terbentuk

Nurdin juga berpesan apabila ada regulasi yang menghambat di bidang perizinan, silahkan laporkan ke pihaknya. ”Kepri ini memiliki 2.048 pulau. Untuk itu saya mengajak adinda Dwi Ria Latifa untuk sama-sama mendorong pariwisata. Pemerintah mempermudah pelayanan ada Satgas, siapa yang hambat investasi akan diketahui pemerintah ,” ajak Nurdin.

Pemerintah mempermudah pelayanan, namun promosi daerah juga sangat penting untuk mendorongnya. Infrastruktur sebagai sarana penunjang harus bagus, khususnya jalan dan runway Bandara Letung yang mesti diperpanjang menjadi 2.600 meter. ”Seperti di Bali, hari ini kita minta Padang Melang menjadi destinasi wisata kelas dunia,” tuturnya.

Bahkan, tambah Nurdin, ada salah satu kapal pesiar ingin ke Anambas untuk mencari destinasi baru. Maka dari itu masyarakat diminta untuk menjaga lingkungan salah satunya jangan buang sampah sembarangan.

Tak perlu tampilkan yang kekinian namun tampilkan yang tradisional namun bersih yang mampu menarik perhatian. Bupati Anambas Abdul Haris, SH mengatakan, FPM merupakan perhelatan budaya pesisir. Kegiatan tahun 2018 ini merupakan kali ketiga dilaksanakan. Sesuai dengan tujuannya FPM merupakan agenda tahunan pemerintah daerah untuk meningkatkan dan mengangkat destinasi wisata agar lebih terkenal.

Baca Juga :  Wartawan Rasakan Getaran Pistol Glock dan P2

Beberapa kegiatan dan agenda yang akan dilaksanakan pada FPN adalah upaya dan daya ungkit untuk menjadi tujuan pariwisata yang lebih maksimal. Bermacam kegiatan ini selain daya tarik pariwisata juga dapat menghibur masyarakat.

Dengan terlaksananya FPM diharapkan terjadi terobosan untuk mencari peluang dan memberikan dukungan dalam membangun dan mengembangkan pariwisata.

”Anambas merupakan suatu kepulauan yang sangat strategis dan berpotensi pariwisata untuk itu saya berharap kegiatan ini dapat dijadikan even tahunan Provinsi Kepri,” ujarnya.

Hadir dalam acara pembukaan tersebut anggota DPR RI Dapil Kepri Dwi Ria Latifa. Pembina dan pengurus BP2KK, Anggota DPRD Kota Tanjungpinang Syahrial, anggota DPRD KKA, kepala OPD, FKPD, tokoh agama dan masyarakat.(INDRA GUNAWAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here