Pajak Lancar, Jalan Raya Masih Gelap

0
175
Maskur Tilawahyu

PPJ PLN Sekitar Rp 13 Miliar

TANJUNGPINANG – Masih banyak jalan lingkungan di tengah masyarakat yang gelap. Ini dikarenakan, belum ada pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU). Hal ini, sangat dikeluhkan warga, sebab membuat takut beraktivitas di luar rumah saat malam hari.

Terkait hal ini, Maskur mengaku sudah menerima aduan dari berbagai warga. Khususnya di kawasan Tanjungpinang Timur. Meski rumah-rumah sudah berdiri sejak puluhan tahun, ada yang belum memiliki PJU.

”Anggaran untuk pengadaan PJU setiap tahunnya ada, besar juga. Tapi saya bingung belum selesai-selesai untuk memberikan penerangan bagi masyarakat,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (4/10).

Begitu juga dengan anggaran pemeliharaan, setiap kecamatan di alokasikan. Meski demikian masih banyah lampu atau jaringan yang rusak belum diperbaiki.

Sudah seharunya, seluruh pemukiman masyarakat mendapatkan penerangan. Ini perlu keseriusan. Padahal, seluruh warga Tanjungpinang setiap bulannya membayar Pajak Penerangan Jalan (PPJ) sekitar enam persen dari tagihan. Pihak PLN kemudian menyetorkan ke kas daerah. Dalam setahun penerimaan dari PPJ sekitar Rp 13 miliar. Harusnya, jika setengah dari ini bisa digunakan untuk pemasangan PJU sudah selesai.

Kabid Pertamanan dan PJU di Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Kebersihan dan Pertamanan Kota Tanjungpinang,Yoni Fandri mengakui tahun ini ada anggaran pemasangan PJU. Hanya saja, lokasinya sudah jelas di tentukan.

Ada anggaran sekitar Rp 1,3 miliar untuk du atitik. Diluar dari pengadaan lampu LED sekitar Rp 2 miliar. Serta lampu hias untuk jembatan senggaran sekitar Rp 3 miliar lebih. ”Serta ada anggaran pemeliharaan namun tidak besar, satu kecamatan sekitar Rp 160 juta. Ini untuk memperbaiki lampu dan jaringan PJU yang rusak,” tambahnya. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here