Pajak PJU Ditagih, Lampu Jalannya Padam

0
349
Penampilan lampu penerangan di Tanjungpinang terlihat menarik, namun banyak yang tidak menyala di malam hari. f-andri/tanjungpinang pos

Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, pernahkah bapak melakukan pengawasan keseimbangan antara penerimaan pajak dengan pengeluaran pajak penerangan lampu jalan?. Setiap pelanggan PLN diwajibkan membayar pajak tersebut. Sedangkan masyarakat tahu lampu jalan banyak yang tak nyala atau padam. Tetapi kok pajak yang dikenakan ke konsumen untuk lampu jalan tidak dikurangi kalau lampu jalannya?
+6281364028834

TANGGAPAN:
Lampu jalan banyak yang tidak nyala karena terbatasnya anggaran rutin pemeliharaan lampu jalan. Setahun anggarannya cuma Rp 171 juta. Anggaran pemeliharaan ini tentu tidak mencukupi untuk meng-handle atau menangani semua perbaikan PJU. Apabila kalau ada kerusakan yang dialami perangkat lampu PJU di Kota Tanjungpinang. Kami kini harus menangani sekitar 4.000 titik lampu PJU di Kota Tanjungpinang. Lampu PJU 4.000 itu tersebar di 4 kecamatan dan 18 kelurahan se-Kota Tanjungpinang.

Apabila lampu PJU rusak, estimasi biayanya sekitar Rp 1 juta per satu perangkat PJU. Satu perangkat PJU terdiri dari bola lampu, kapasitor, ignitor, balas, panel mcb, kontaktor, dan time switch. Kalau betul-betul kita hitung, manalah cukup. Tapi, kita tetap berupaya untuk melakukan perawatan lampu PJU yang rusak.

Kondisi ini sudah kita sampaikan ke atasan. Kita berharap dewan terus men-support atau mendukung kerja kita ini hingga ke depan penanganan PJU bisa menjadi lebih baik kalau anggarannya bisa lebih baik.

Ada beberapa faktor penyebab lampu PJU tidak hidup alias nyala. Faktor pertama, karena cuaca. Bisa jadi cuaca pada saat itu hujan hingga ada petir. Petir tersebut bisa menyambar hingga merusak perangkat PJU dan masih banyak lagi. Perangkat lampu PJU yang sering disambar petir, adalah grounding atau arde.

Faktor kedua, dikarenakan adanya tegangan arus listrik yang mengalir ke perangkat PJU tidak stabil. Ini juga yang menyebabkan salah satu perangkat lampu PJU mati. Dan juga bisa jadi lampu PJU menyala terus, yang tidak mengenal waktu. Baik itu pada pagi hari maupun sore hari. Kalau sudah mati lampu di atas empat jam, kita harus kembali menyetel time switch di lampu PJU tersebut. Sebab, ada perangkat di time switch tersebut bergeser.

Ada dua sistem mati dan hidupnya lampu PJU. Pertama, menggunakan sistem cahaya photocell atau sinaran matahari. Kalau matahari terbenam, maka lampu PJU akan menyala dengan sendirinya. Karena baterai yang dimiliki telah menyimpan daya matahari. Kedua, menggunakan sistem time switch.

Jadi, kalau terjadi pemadaman listrik selama di atas empat jam, maka time switch perlu kembali disetel ulang. Kalau tidak dilakukan, maka lampu PJU akan hidup tidak sesuai waktu yang ditentukan. Biasa lampu PJU hidup jam 7. Ini molor jadi jam 6 atau 8. Ya, tergantunglah.

Upaya yang sudah kita lakukan, di tahun 2014 lalu, pihaknya perlahan-lahan menggantikan lampu PJU, dari sont-t atau merkuri menjadi LED. Pergantian lampu PJU ini mengurangi daya listrik yang mengalir. Karena daya lampu sont-t atau merkuri mendapai 250 watt. Sedangkan lampu PJU LED hanya 100-120 watt. Ini perlahan-lahan kita ganti bola lampunya. (dri)

Hendry
Kasi PJU dan Dekorasi Kota,
Dis Perkim dan Pertamanan Kota Tanjungpinang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here