Pak Bup, Buatkan Kami Wall Climbing La…

0
171
PELAJAR SMAN 1 Bintan Timur latihan panjat tebing alam di De Bintan Villa jalan Lintas Barat Km 34. Pelajar meminta Pemkab Bintan membangun papan panjat di Kijang. f-yendi/tanjungpinang pos

Secercah Harapan Anak Bintan Tatkala Mengejar Prestasi

KIJANG – Cabang olahraga panjat tebing sudah menggandrungi di kalangan pelajar dan anak Bintan. Sampai-sampai, anak Bintan punya secercah harapan kepada bupati. Tak banyak kok permintaannya.

Olahraga panjat tebing sebenarnya sudah dikenal di Kepri, sebelum berpisah dari provinsi induk, Riau. Sewaktu Bintan masih menggunakan nama Kabupaten Kepri, panjat tebing pun sudah dipertandingkan untuk tingkat nasional (Kejurnas 2001). Namun, panjat tebing tetap dianggap olahraga hiburan. Sehingga, olahraga prestasi ini sempat dilupakan untuk beberapa tahun. Maklum, pemerintah kala itu tak peduli untuk membangun sarananya.

Tahun 2010, Kabupaten Bintan mengikuti ajang bergengsi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-II Kepri, di Kota Batam. Ada 14 cabor yang diikuti kontingen Bintan, satu diantaranya adalah panjat tebing. Meski cabor panjat tebing dianggap ’anak bawang’ dari 14 cabor tersebut, prestasinya membikin Bupati Bintan H Ansar Ahmad ketika itu terbelalak.

Betapa tidak, Ketua Umum FPTI Bintan pada masa itu dijabat oleh Hasfarizal Handra, hanya menurunkan 7 orang atlet. Tapi, mampu memberikan 1 emas, 2 perak dan 4 perunggu. Panjat tebing masuk 6 cabor penyumbang emas buat kontingen Kabupaten Bintan. Maaf, 8 cabor lainnya tak mampu mempersembahkan emas.

Meski demikian, pengurus Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bintan tak banyak permintaan. Tapi, permintaan hanya berupa pembangunan sarana papan panjat (wall climbing), tak kunjung dibangun pemerintah. Meski sudah diajukan melalui KONI Bintan, Disdikpora Bintan, Dinas PU, Bappeda sampai ke Dinas Pariwisata Bintan. Alhasil, olahraga panjat tebing di Kabupaten Bintan redup kembali.

Generasi kembali berlanjut. Tahun 2018, prestasi panjat tebing Kabupaten Bintan kembali muncul, dengan Ketua Umum FPTI Bintan dijabat Firdaus, bersama Iqbal. September 2018 lalu, atlet panjat tebing Bintan kembali menoreh beberapa medali, di ajang Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) 2018 Kepri, di Kota Batam. Hanya segelintir orang yang tahu, kalau atlet panjat tebing Bintan yang didominasi dari mahasiswa dan pelajar SMA Negeri 1 Bintan Timur ini, latihannya cuma ’numpang’.

Belasan pelajar SMAN 1 Bintim yang tinggal di Kijang, rela berangkat ke taman Batu Sepuluh Kota Tanjungpinang, hanya untuk latihan beberapa jam. Dalam waktu tertentu, anak Bintan ini, juga harus meminta izin untuk latihan di wall climbing, lapangan Pamedan, Kota Tanjungpinang.

Cukup beruntung, saat ini pihak pengelola De Bintan Villa memberikan harga khusus kepada atlet FPTI Bintan, yang ingin latihan di kawasan wisata jalan Lintas Barat Km 34, pada hari Minggu. Untuk menggunakan tebing alam De Bintan Villa ini, cukup membayar Rp 10 ribu per orang.

Bagi pelajar dan anak Bintan, nominal itu masih terjangkau, cukup menyisakan uang jajan di sekolah. Namun, harapannya bisa mengejar prestasi yang gemilang, buat nama baik Kabupaten Bintan, di masa mendatang.

”Kami kenal panjat tebing dan rutin latihan sekarang ini, karena Bu Widya (guru SMAN 1 Bintan Timur). Jauh-jauh latihan dari Kijang, ya ingin mengejar prestasi. Harapannya, Pak Bupati (H Apri Sujadi), buatkan kami wall climbing di Kijang la…,” kata Neng mewakili belasan rekan-rekannya saat latihan di lapangan Pamedan, Tanjungpinang, Minggu (7/9) kemarin.

Kepala Dinas Perkim Bintan Herry Wahyu mengatakan, untuk membangun sarana panjat tebing itu, pos anggaran yang tepat berada di Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora). Karena, lebih cenderung pada pemenuhan fasilitas olahraga masyarakat.

Sementara, Kepala Disbudpora Bintan Makhfur Zurachman menyatakan, pembangunan sarana panjat tebing anggarannya diajukan melalui KONI Kabupaten Bintan.

Meski belum ada kepastian dari Pemkab Bintan untuk pembangunan sarana wall climbing, pelajar Bintan tetap menjalani latihan rutin. Di depan mata, FPTI Bintan akan menghadapi Porprov ke-IV Kepri, di Kota Tanjungpinang. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here