Pakai Sistem Lama, KTP-el Tak Bisa Dicetak

0
220
Warga memadati Kantor Disdukcapil Kota Tanjungpinang untuk merekam KTP-el hingga mendapat suket, belum lama ini. f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Banyak masyarakat yang mengeluhkan belum menerima KTP elektronik (KTP-ek). Alasan utamanya karena datanya belum diterima pusat sehingga Disdukcapil Kota Tanjungpinang tidak bisa mencetaknya.

Hal ini dikatakan Kadisdukcapil Tanjungpinang, Irianto kepada Tanjungpinang Pos, kemarin. Ia menuturkan, bahwa penertiban KTP elektronik pun masih ada campur tangan pusat.

”Kalau masyarakat datang belum bisa cetak KTP elektronik bukan karena Disdukcapil tidak mau cetak, tapi karena datanya belum ke luar di komputer,” ujarnya.

Apalagi dulu masih menggunakan Siak lima. Menurutnya, server ini lebih lambat menerima data dibandingkan siak tujuh yang baru di up grade.

Irianto menuturkan, pusat lebih cepat mengkonfirmasi data yang dikirimkan daerah dibandingkan Siak lima itu.

Menurutnya, maksimal dua hari setelah data dikirim pusat sudah menerima. Bahkan bisa alebih cepat dari itu, hitungan jam.

Kepada Tanjungpinang Pos, Irianto mencontohkan salah satu warga yang sudah setahun KTP elektroniknya tidak bisa dicetak karena pusat belum menerima datanya.

Ia memutuskan untuk menghapus data dari Siak lima dan meminta yang bersangkutan melakukan perekaman ulang.

Tentu tidak bisa dicetak dalam waktu bersamaan, namun perlu menunggu hingga tiga jam hari itu.

”Biasa ada yang sudah muncul dalam hitungan menit, tapi kali ini server agak lama at. Kita perkirakan tiga jam lagi,” ucapnya.

Menunggu setelah tiga jam, data warga tersebut sudah muncul dan KTP elektronik bisa diterima.

Ia meminta kepada warga yang sampai kini belum bisa mencetak KTP elektronik untuk melapor ke Disdukcapil. Pihaknya akan melihat dimana kendalanya. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here