Pakaian Bekas Dibakar Lalu Ditimbun

0
563
DIMUSNAKAN: Seorang jaksa saat mengawasi barang bukti pakaian bekas hasil tangkapan pihak Bea dan Cukai Karimun yang dimusnahkan, Selasa (18/7). F-ALRION/TANJUNGPINANG POS

KARIMUN – Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjungbalai Karimun melaksanakan pemusnahan barang bukti berupa pakaian bekas dan barang campuran lainnya, Selasa (18/7). Barang bukti tersebut, merupakan hasil tegahan patroli DJBC Kanwil Khusus Kepri. Pemusnahan dilaksanakan dengan cara dibakar, kemudian ditimbun dengan tanah. Pada pemusnahan itu, pihak kejaksaan dibantu anggota TNI dan Polri mengawasi area pembakaran barang bukti.

Tujuannya untuk mengantisipasi aksi nekat masyarakat yang hendak mengambil barang bukti saat dibakar. Kepala Kejari Karimun Selamat Sentosa mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan telah memiliki kekuatan hukum tetap atau telah menjalani proses persidangan.

”Barang bukti itu tegahan pihak patroli Bea dan Cukai sejak tahun 2014 hingga 2017. Semua barang bukti yang dimusnahkan adalah barang bekas,” ujar Sentosa, kemarin. Ada pun barang bukti yang dimusnahkan, pakaian bekas dalam kemasan ballpres sebanyak 90 karung. Selain itu, ada barang campuran bekas seperti barang pecah belah, meja bekas, mesin suling air, kasur, karpet, kereta bayi, microwave bekas, sepeda bekas dan barang lainnya.

Ia mengingatkan, masyarakat tidak boleh mengambil barang atau menjarah barang yang hendak dimusnahkan. Semua barang yang dimusnahkan adalah barang eks luar negeri, yang diragukan faktor kebersihan dan kualitas barangnya. Pemusnahan barang bukti dilaksanakan hingga sore hari. Beberapa anggota Polri dan TNI masih berjaga dilokasi pembakaran, demikian masyarakat masih terlihat di lokasi melihat proses pemusnahan. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here