Pancur, Jadi Desa Sadar Kerukunan

0
1369
FOTO BERSAMA: Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kepri, H Marwin Jamal foto bersama di depan rumah ibadah vihara di Desa Pancur, Lingga. F-ISITIMEWA

LINGGA – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Kepri, H Marwin Jamal meluncurkan Desa Sadar Kerukunan di Kelurahan Pancur Kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga.

Desa Sadar Kerukunan ini, dinilai layak ditunjuk sebagai desa sadar kerukunan karena memiliki pluralitas yang cukup tinggi namun masyarakatnya sangat toleransi serta saling bergotong-royong sejak dulu hingga kini dan hampir tidak dirasakan adanya perbedaan.

Kepala Sub Bagian Hukum Dan Kerukunan Umat Beragama Kanwil Kemenag Kepri Muhammad Siddiq, mengatakan, Kemenag saat ini ingin menyuguhkan aspek kerukunan sebagai branding-nya. Pluralitas di Indonesia menurut dia, bisa diihat dari berbagai aspek seperti agama, suku bangsa, kebudayaan, bahasa dan lain sebagainya.

”Sejak zaman Indonesia merdeka kita sudah saling bekerja sama, terutama dalam mewujudkan NKRI. Oleh karena itu, empat pilar kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI menjadi penting,” kata Muhammad Siddiq, Selasa (7/11).

Bahkan, media sosial juga dapat menciptakan konflik yang mengancam kerukunan. Pemerintah berkewajiban untuk meredam konflik yang mengancam kerukunan umat beragama. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here