Pandemi, Mahasiswa Stisipol Jualan Online

0
212
AKBAR Alfarihi Donsi pemilik usaha Diya Drink saat membuatkan minuman pesanan pelanggannya, kemarin. F-istimewa

Akbar Antar Minuman ke Rumah Pelanggan

Pemerintah menerapkan social distancing dan physical distancing atau menjaga jarak guna memutus rantai penyebaran virus Korona (Covid-19). Kesempatan ini dimanfaatkan salah satu kalangan mahasiswa untuk menjadi peluang usaha secara online dengan sistem antar ke rumah.

TANJUNGPINANG – PELUANG ini dimanfaatkan oleh Akbar Alfarihi Donsi, mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan dari kampus Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji Tanjungpinang.

Akbar, panggilan akrabnya mengatakan, d itengah situasi pandemi Covid-19 saat ini tentunya masyarakat akan aman bila berada di rumah yang jauh dari aktivitas kerumunan massa.

Sebab, dengan pembatasan aktivitas sosial masyarakat di area publik tersebut akan membantu mencegah penyebaran virus yang berbahaya tersebut.

Dengan demikian, lanjut Akbar, memanfaatkan teknologi informasi dari smartphone akan menjadi pilihan dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan pokok tanpa harus pergi membelinya keluar rumah.

”Peluang ini yang saya tangkap. Dengan menjadi pedagang kecil-kecilan dengan sistem online memanfaatkan aplikasi WhatsApp (WA) dan media sosial (Medsos) yang ada. Dengan menjual aneka macam minuman, dan diantar langsung ke pemesannya. Sehingga pembeli tanpa harus keluar rumah untuk membelinya,” jelas Akbar kemarin.

Akbar menamakan usahanya Diya Drink dengan menyediakan minuman dingin seperti milkshake dan yang panas seperti Dalgona Coffee serta produk lainnya.

Di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini, produk makanan dan minuman yang dijual pedagang diluaran harus dibungkus. Tujuannya, untuk menghindari penumpukan atau berkumpulnya masyarakat dan dapat berisiko terhadap penyebaran virus tersebut.

”Dengan situasi ini, umumnya pedagang kaki lima maupun toko atau warung telah memanfaatkan jaringan online untuk menjual barang dagangannya seperti sembilan bahan pokok. Ini harus, dan saat ini masyarakat kita harus melek dengan teknologi informasi untuk memanfaatkannya jadi pendukung berwirausaha,” tambah Akbar yang beralamat di Perum Asoka Indah Km 7 itu.

Akbar juga merasa bersyukur, sejauh ini usaha yang baru dijalaninya ini telah memiliki pelanggan. ”Adapun jenis milkshake yang ditawarkan Diya Drink yakni Avocado, Guava, Taro serta Chocolate. Kami free delivery khusus dalam Kota Tanjungpinang. Atau bisa kunjungi instagram kami, @diya_drink,” sebutnya.

Ia juga berharap, pandemi ini segera berakhir dan aktivitas masyarakat kembali normal semua dan perekonomian juga terus membaik.

Akbar juga mengajak para pedagang online, untuk tetap semangat mencari rezeki dan tetap mengenakan masker serta menjaga jarak dalam beraktivitas.

Terpenting, tambah dia, tetap menjaga kesehatan dan terus menerapkan pola hidup bersih dengan rajin mencuci tangan usai beraktivitas di luar rumah.

Dengan diterapkannya physical distancing oleh pemerintah, tentunya masyarakat harus beraktivitas di rumah adalah pilihan terbaik untuk melawan penyebaran virus Korona.

Peluang usaha online, dapat membantu masyakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari tanpa harus keluar rumah.

Saat ini, jumlah pasien positif Korona di Tanjungpinang masih bertambah. Belum bisa dipastikan kapan wabah atau bencana nonalam ini berakhir.

Untuk benar-benar memutus mata rantai penyebaran virus ini, maka masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan yang disampaikan pemerintah.

Saat ini, untuk mencegah meluasnya virus Korona di Indonesia berbagai larangan, imbauan dan peraturan sudah dibuat pemerintah. Semua itu untuk memutuskan penyebaran virus mematikan tersebut.

Salah satunya dengan melarang warga keluar rumah dengan tagar di rumahaja. Apabila tidak bisa lagi ditunda dan mendesak harus keluar rumah, maka warga diminta menggunakan masker.(ADLY ‘BARA’ HANANI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here