Panel Rekapitulasi Ditambah PPK

0
192
Wisman di pintu masuk dan pusat perbelanjaan di Batam terlihat ramai untuk menikmati liburan singkat mereka saat ke Batam. F-ISTIMEWA/tanjungpinang pos
Proses rekapitulasi suara calon presiden/wapres, caleg DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi Kepri dan DPRD Kota Batam, masih berjalan. Namun untuk mempercepat rekapitulasi suara, sejumlah PPK di Batam, menambah panel rekapitulasi suara. Diharapkan, dalam dua atau tiga hari ke depan sudah selesai di tingkat kecamatan.

BATAM – Komisioner KPU Batam, Zaki Setiawan, Minggu (21/4) di Batam, mengungkapkan kondisi itu. ”Sesuai aturan, panel rekapitulasi bisa ditambah hingga empat kelompok. Yang sudah menambah ada Sagulung dan Batuaji,” ungkap Zaki.

Dikatakan, penambahan panel dilakukan di Batuaji dari satu menjadi empat panel. Sementara di Sagulung, panel ditambah dari satu panel menjadi tiga. ”Sei Beduk ada rencana menambah panel. Tapi tadi malam masih satu panel. Di Sekupang dan Bengkong juga masih satu,” sambungnya.

Ditanya target untuk penyelesaian rekapitulasi suara di tingkat kecamatan, Zaki berharap bisa secepatnya. Demikian dengan di kawasan pesisir diharapkan bisa dalam dua sampai tiga hari ke depan sudah selesai.

”Kalau Galang dan Bulang, kita harapkan dua hari ini selesai. Di Bulang lebih sedikit, hanyak 33 TPS, jadi paling 2 hari. Kalau galang, 52 TPS. Ini hari kedua, tapi baru kelurahan kedua. Kita harapkan, 3 sampai 4 hari ini selesai,” imbuh Zaki.

Diakui, pihaknya akan melakukan rapat untuk menyikapi proses pleno di PPK saat ini. ”Nanti malam kita akan bahas perkembangan rekapitulasi di PPK. Kalau pleno KPU, kita masih menunggu tuntas dulu di kecamatan. Rata-rata di daerah pulau lebih cepat, karena dinamika lebih tenang,” ujar Zaki.

Saat ini, dari pantauan Tanjungpinang Pos di beberapa PPK, seperti Sei Beduk, Sagulung dan Nongsa, rekapitulasi berjalan lancar. Proses rekapitulasi berjalan di bawah pengawalan aparat kepolisian. Mereka berjaga-jaga dipintu masuk ruang rekapitulasi. Selain itu, pendukung caleg terlihat memadati halaman lokasi perhitungan suara di semua lokasi.(MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here