Pangdam dan Gubkepri Pantau Pulau Terluar

0
484

NATUNA – Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Ibnu Triwidodo berkunjung ke Pulau Sekatung Kabupaten Natuna, Minggu (22/4) pagi. Dalam kunjungan itu, Pangdam didampingi Gubernur Kepri H Nurdin Basirun Kapolda Didid Widjanardi
Pangdam 1 Bukit Barisan, serta Danrem 033/WP Brigjen TNI Gabriel Lema. Kapolda Kepri dan Danlantamal IV Tanjungpinang juga terlihat dalam rombongan.

Kedatangan orang nomor satu di Kodam I/BB disambut oleh Danramil 08/Pulau Laut dan jajar kehormatan dari Satgaspam pulau terluar di pulau Sekatung. Sambil menyalami satu persatu personil satgas, Pangdam berdialog dengan para prajurit yang berjaga di pulau terluar. Pangdam banyak bertanya tentang daerah asal prajurit serta kabar keluarganya dan menanyakan kendala yang dihadapi saat melaksanakan PAM di perbatasan. Saat memberikan pengarahan, Pangdam I/BB menyatakan rasa bangganya kepada prajurit yang melaksanakan pengamanan di wilayah Pulau Sekatung.

“Kalian adalah prajurit pilihan. Saya bangga kepada kalian karena tugas kalian adalah menjaga keutuhan NKRI,” kata Pangdam.

Selain Pangdam, Kapolda Kepri dan Gubernur Provinsi Kepri juga memberikan pengarahan kepada Prajurit TNI yang melaksanakan PAM pulau terluar. Pada kesempatan itu pula Pangdam dan Kapolda memberikan bingkisan kepada prajurit Satgaspam Pulau Sekatung dan prajurit TNI Polri yang berdinas di Pulau Laut.

Direncanakan, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga akan berkunjung ke Pulau Sekatung Kabupaten Natuna hari ini, Senin (23/4) pagi. Kedatangan Panglima selain meninjau daerah perbatasan juga untuk memantau sejumlah kawasan diantaranya pulau
Sekatung dan Tanjung Datuk.

“Agendanya biasa saja. Pertama yang untuk tatap muka dengan Satgas di pulau terluar itu. Serta memberikan sejumlah bantuan,” ujar Kabag Humas, Protokol dan Penghubung Pemprov Kepri, Zulkifli.

Selain di dua pulau itu, rombongan akan mengunjungi keindahan Pulau Sepembang yang juga dikenal tak kalah menarik dengan pulau Tanjung Datuk dan Sekatung.
Selama satu harian, di Natuna, dijadwalkan, rombongan juga akan mengunjungi Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di Selat Lamba yang dibangun Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI.

Sebagai informasi, bahwa SKPT Natuna dibangun sejak Agustus 2016 lalu di atas lahan seluas 16,8 hektar (ha). Dari total luas tersebut, saat ini sudah terbangun 5,8 ha yang terdiri dari 2,8 ha kawasan eksisting dan 3 ha kawasan baru hasil reklamasi.

Tak hanya, Masekal TNI Hadi Tjahjanto yang sering berkunjung ke Pulau terluar Kepri tersebut. Menteri KKP Susi Pujiastuti juga sering ke Natuna. Bahkan belum lama ini, Natuna dipusatkan sebagai sentral latihan perang TNI yang langsung disaksikan Presiden RI Joko Widodo. (hrd/jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here