Pangdam Minta TNI Netral di Pilkada

0
698
Asisten Teritorial Kasdam IBB Kolonel Arm Nur Samsudin saat memberikan pengarahan di Mako Korem 033/WP Kepri, Sabtu (3/2).F-raymon/tanjungpinang pos

Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Cucu Somantri menekankan agar anggota TNI tetap netral dan tidak terlibat di dalam politik praktis.

TANJUNGPINANG – Hal tersebut disampaikan Pangdam melalui Asisten Teritorial Kasdam I/BB Kolonel Arm Nur Samsudin yang menegaskan, netralitas TNI sesuai amanat UU TNI No.34 Tahun 2004 bahwa TNI tidak terlibat di dalam politik praktis dan politik Tentara Nasional Indonesia adalah politik negara.

”TNI harus netral dari bentuk apapun juga yang berkaitan dengan Pilkada dan politik,” katanya, Sabtu (3/2) di gedung Serba Guna Makorem 033/Wira Pratama.

Baca Juga :  Fathir Inisiasikan Gerakan Ayo Memilih

Menurutnya, tahun 2018 yang dikaitkan dengan tahun politik dan Pilkada serentak, dimana pemilihan gubernur dan bupati/ wali kota akan dilaksanakan serentak di 171 daerah di seluruh Indonesia.

Salah satunya Kota Tanjungpinang yang berada di wilayah Korem 033/Wira Pratama. ”Sehingga sosialisasi ini sangat penting untuk seluruh anggota TNI dalam menghadapi Pilkada 2018,” sebutnya.

Nur menjelaskan, Tentara Nasional Indonesia harus tegak lurus, dimana perintah dari komando atas sampai prajurit terendah harus sama dalam tindak dan perbuatan.

”Berdasarkan UU yang berlaku, jika ditemukan prajurit TNI yang tidak netral dalam Pilkada maka akan diberikan sanksi,” ujarnya.

Baca Juga :  Pengadaan Jadi Terlambat

Selain Kasdam I/BB, hadir dalam pelaksanaa seluruh personel Korem 033, Kodim 0315/Bintan serta Balak Korem 033/Wira Pratama.(RAYMON)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here