Pangdam Mulai Program Batam Menanam

0
343

BATAM – Program Batam Menanam digelar untuk menghijaukan seputaran flyover Simpang Jam hingga simpang Kabil dimulai, Minggu (6/5). Program ini akan terus berlanjut untuk menghijaukan Batam keseluruhan.

Ribuan pegawai Pemko, TNI, anak sekolah dan warga ikut serta dalam kegiatan itu. Mereka melakukan penanaman 3.300 pokok tanaman. Sebanya 1.300 pokok tanaman Ketapang Kencana dan 2 ribu pohon pelindung.

Selain Wali Kota Batam, HM Rudi yang ikut penanaman pohon-pohon itu, ikut serta Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Ibnu Triwidodo dan Kepala BP Batam, Lukita.

Penanaman pohon berlangsung sejak pukul 07.00 WIB. Penanaman dilakukan elemen masyarakat, siswa dan para pegawai. Termasuk Sekda Batam, Jefridin.

Kemudian pada sekitar pukul 10.00 WIB, Pangdam, Wako dan Kepala BP, melakukan penanaman pohon dekat flyover. Kepada wartawan, HM Rudi mengatakan, penghijauan dilakukan setelah dilakukan pelebaran jalan.

Dampak dari pelebaran jalan harus dilakukan pemotongan pohon yang kemudian diganti dengan penghijauan. ”Pembangunan infrastruktur harus dilakukan dan tidak ada pilihan, pohon harus dipotong. Untuk mengganti pohon itu, makanya kita lakukan hari ini penghijauan,” ungkap Rudi.

Untuk penghijauan kali ini, pihaknya meminta bantuan TNI dan Polri dalam. Penanaman pohon hari itu awal pencanangan. Direncanakan, akan dilanjutkan kemudian, tiap dua atau tiga bulan penghijauan. Sehingga Batam semua hijau.

”Ini awal saja. Diawali Pak Pangdam, nanti kita yang di daerah meneruskan. Kita ingin tunjukkan, bahwa 1 juta pohon Kencana bisa hidup di Batam dalam waktu yang tidak terlalu lama,” tegas Rudi.

Pernyataan senada juga disampaikan Kepala BP Batam, Lukita. ”Kita ingin Batam yang kita cintai semakin hijau, maju, modern. Kegiatan hari ini juga menunjukkan, kebersamaan kita. Pangdam juga sudah menyampaikan, ini harus terus berlanjut. Bangun kebersamaan untuk menghijaukan dan memajukan Batam,” kata Lukita. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here