Pangkalan Diminta Jual 2 Tabung

0
495
TINJAU GAS : Bupati Bintan Apri Sujadi bersama pejabat eselon mengecek distribusi gas elpiji ke daerah pulau, belum lama ini. F-dok/tanjungpinang pos

Meski dinas terkait mengklaim distribusi gas elpiji bersubsidi 3 kilogram normal, tapi masih cukup langka di Tanjunguban dan sekitarnya. Kondisi langka ini membuat agen elpiji yang menaungi 6 kecamatan di Bintan mengimbau pangkalan agar menjual 2 tabung untuk setiap pembeli.

Bintan – Alang, agen elpiji 3 kilogram yang menyuplai 6 kecamatan yaitu Bintan Utara, Seri Kuala Lobam, Teluk Sebong, Teluk Bintan, Toapaya dan Gunung Kijang mengatakan, kondisi gas elpiji yang cukup langka karena penggunaannya cukup banyak serta tidak sesuai dengan kuota yang ada saat ini.

”Untuk kuota pasokan tidak berkurang, yaitu 2.800 tabung perhari dan disalurkan selama 6 hari. Namun saat ini jumlah pengguna tabung gas 3 kilogram meningkat. Mulai dari rumah tangga mampu hingga pelaku usaha mampu masih menggunakan gas elpiji 3 kilogram,” sebutnya saat ditemui di salah satu pangkalan gas elpiji di Tanjunguban, Minggu (19/3).

Alang mengatakan, peningkatan jumlah konsumen dan pasokan yang tidak meningkat, membuat gas tersebut terbilang langka. Sehingga ia mengimbau kepada pangkalan agar hanya menjual maksimal 2 tabung saja untuk setiap konsumen.

”Ada juga pangkalan yang nakal, main jual saja dalam jumlah besar untuk satu konsumen. Nah sekarang itu sudah kami tertibkan. Apabila melanggar, akan kami setop pasokannya,” terangnya.

Ia menjelaskan lagi, jumlah penggunaan gas elpiji 3 kilogram juga meningkat seiring bertambahnya pangkalan-pangkalan yang berada di wilayah naungannya.

”Kalau dulu hanya ada 30 pangkalan, saat ini sudah mencapai 80 lebih. Sedangkan pasokan gas elpiji 3 kilogram tidak ada penambahan,” tambahnya.

Sementara itu, Eti, seorang ibu rumah tangga mengatakan, harus mengantre membeli gas 3 kilogram. Ini karena pasokannya yang sudah habis.

”Tadi saya beli di Kamboja, katanya harus antre belinya. Kalau pesan sekarang, hari selasa baru dapat. Ya harus keliling-keliling lah cari gas, kalau dapat pun itu di pengecer dan harganya lebih mahal, tetapi itu pun susah juga,” sebutnya.(jendaras)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here