Panitia PSB Harus Tahu Syarat Pendidikan Gratis

0
484
Fiven Sumanti

BINTANBUYU – Komisi III DPRD Bintan mengingatkan, agar Dinas Pendidikan memberikan pemahaman kepada panitia Penerima Siswa Baru (PSB), tentang program pendidikan gratis di Bintan. Karena, panitia PSB yang berhadapan langsung dengan orang tua calon siswa baru.

Ketua Komisi III DPRD Bintan Fiven Sumanti memprediksikan, masih ada warga Bintan di daerah pesisir maupun pulau kecil, yang tidak tahu tentang program pendidikan gratis Pemkab Bintan ini. Justru itu, Dinas Pendidikan yang memberikan arahan kepada panitia PSB, untuk menyosialisasikan program saat pendaftaran penerimaan siswa baru nanti.

”Paling tidak, panitia PSB harus tahu apa-apa saja syarat untuk mendapatkan program pendidikan gratis, bagi siswa baru itu. Apakah cukup membawa KTP Bintan, atau hanya KK Bintan saja. Ini yang perlu disosialisasikan kepada warga Bintan,” kata Fiven Sumanti, Senin (12/6) kemarin.

Biasanya, kata Fiven, saat pelaksanaan program di awal tahun ajaran, selalu muncul masalah di lingkungan warga dengan panitia PSB. Baik persyaratan maupun teknis lain mendapatkan fasilitas pendidikan gratis itu. Jangan sampai gara-gara administrasi yang berbelit maupun minim sosialisasi, justru menimbulkan antipati warga Bintan. Akibatnya, masih ada anak-anak Bintan yang tidak sekolah, dengan alasan tidak punya biaya.

”Sekarang, orang tua sudah banyak yang ingin mendaftarkan anaknya masuk sekolah SD dan SMP. Panitia PSB harus memahami ini. Jika perlu, pemerintah kecamatan sampai ke tingkat RT, juga menyosialisasikan program pendidikan gratis ini,” saran Fiven. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here