Panjang Jalan dan Jembatan Babin 13 Km

0
838
Drs Naharuddin, mtp

TAHUN 2017, Pemprov Kepri telah membuat Detailed Engineering Design (DED) pembangunan Jembatan Babin. Sesuai rancangannya, jembatan akan dibangun di atas laut sepanjang 7 Km dengan estimasi biaya Rp 7,175 triliun.

Jembatan akan dibangun dengan ketinggian 30 meter di atas permukaan laut. Sehingga kapal feri dan kapal besar lainnya bisa lewat dari kolong jembatan tersebut.

Adapun lebar jembatan 20 meter dan dibuat dua row. Jembatan dilengkapi dengan tiang lampu Penerangan Jalan Umum (PJU). Kemudian, jembatan didesain menarik karena menjadi ikon baru Kepri.

Inilah nantinya jembatan yang akan mematahkan rekor Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) yang telah rampung dibangun tahun 2009 lalu dengan panjang sekitar 4,5 Km.

Baca Juga :  Iuran BPJS bakal Naik Mulai 50 hingga 65 Persen

Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Pemprov Kepri, Naharuddin mengatakan, jembatan ini dibangun dengan kekuatan luar biasa dan dirancang tahan 100 tahun. ”Karena ke depan Bintan atau Tanjungpinang menjadi pengembangan industri, maka jembatan itu juga dirancang untuk keperluan industri yang bisa dilalui kendaraan berat,” jelas Naharuddin, kemarin.

Jembatan akan dibangun tiga trase yakni Batam ke Tanjungsauh, dari Tanjungsauh ke Pulau Buau dan dari Pulau Buau ke Bintan.

”Panjang jembatan 7 kilometer dan panjang jalan 6 kilometer. Jadi totalnya 13 kilometer. Pemahamannya, panjang jembatan 7 kilometer dan panjang jalan 6 kilometer,” katanya merinci agar pemahaman masyarakat tidak keliru. Jalan sepanjang 6 kilometer ini akan dibangun untuk menyambungkan jembatan di Tanjungsauh dan Pulau Buau. Jadi, jembatan ini menyambungkan tiga wilayah administratif dan dua pulau kecil.

Baca Juga :  Smartfren Bukan Kaleng-Kaleng Tapi Unlimited Benaran

Dengan adanya jembatan ini nanti, maka jarak Batam-Bintan semakin dekat. Bagi yang naik motor, maka 10-15 menit sudah sampai di Batam sambil menikmati panorama di sepanjang jembatan.

”Tentu jembatan ini kita desain seindah mungkin. Sehingga nanti Jembatan Babin ini menjadi ikon baru di Kepri. Menjadi objek wisata dan nantinya jembatan tersebut punya nilai estetika yangtinggi. Punya nilai- nilai keindahan. Karena jembatan ini akan terlihat dari jauh, maka desainnya dibuat menarik,” paparnya lagi.

Diusahakan, pembangunan Jembatan Babin bisa rampung dua tahun. Memulainya bisa dari mana saja, apakah dari Bintan atau dari Batam. Karena pembangunan itu satu rangkaian dan konstruksinya tidak begitu rumit.

Baca Juga :  Telkomsel Hadirkan Paket Belajar 10GB Harga 10

Ke depan, jembatan tersebut menjadi kebanggaan Kepri. Apalagi, jembatan tersebut memberi seribu manfaat untuk pembangunan perekonomian Kepri ke depan.

Daerah Bintan sekitarnya diperkirakan menjadi wilayah yang akan cepat berkembang dan berubah jadi kota. Karena arus transportasi yang sulit dan lambat selama ini, akan terbuka lebar dan sangat lancar. (mas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here