Pansus Melarang Buka Peternakan Babi di Daratan

0
548
Umar Ali Rangkuti

BINTAN – Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Penyelenggaraan Peternakan dan Kesehatan Hewan DPRD Bintan melarang, bagi pengusaha yang ingin membuka usaha baru peternakan babi di daratan Pulau Bintan. Sementara, Pansus belum menentukan sikap terhadap pengembangan peternakan babi di Km 40 Toapaya, yang tidak menggunakan izin dan membabat hutan bakau (mangrove).

Umar Ali Rangkuti, Ketua Pansus Ranperda Peternakan dan Kesehatan Hewan DPRD Bintan mengatakan, pihaknya sampai saat ini masih menggodok berbagai aturan dan mekanisme, terhadap status peternakan babi di Bintan. Sampai saat ini, untuk tindakan terhadap peternakan babi yang sudah ada belum dapat dilakukan.

Baca Juga :  Apri: BUMD Perlu Direvitalisasi

”Kami menunggu Ranperda ini disahkan dulu. Berbagai masukan dan telaah harus dilakukan terlebih dahulu,” katanya, Selasa (7/8).

Ia menambahkan, rencana Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) peternakan juga diperhatikan. Saat ini, peternakan babi sesuai RTRW, hanya diperbolehkan di Pulau Siulung, Kecamatan Mantang. Nanti akan dikaji lagi lokasi peternakan lainnya di Bintan.

”Kalau dilokalisir di Pulau Telang, banyak yang keberatan. Karena selain peternakan hanya skala kecil, lokasi dan biaya menuju dan dari pulau tersebut juga tinggi,” jelasnya.

Baca Juga :  Kamar Hotel Lagoi Penuh

Ia mengatakan lagi, jika nanti Ranperda Peternakan dan Kesehatan hewan disahkan, seluruh peternakan di Bintan wajib mengikuti aturan tersebut. Termasuk peternakan babi di Toapaya dan yang ada saat ini, seluruhnya belum ada izin secara resmi dari badan terkait.

”Kami mau peternakan tetap ada, namun nanti harus ikut mekanismenya. Kalau Perda sudah ada dan tidak mau ikuti aturan main, mau peternakan apa pun akan kami tutup,” tegasnya.

Sebelumnya, warga Toapaya meminta agar pemerintah menertibkan dan mengambil tindakan terhadap peternakan babi di Km 40 Toapaya. Karena, peternakan babi ini dekat dengan lokasi pemukiman.

Baca Juga :  25 Tahun, Karyawan Laguna Bintan Gelar Silver Night

”Kita sudah sidak peternakan babi di Toapaya, yang disinyalir tak ada izin itu. Bahkan, hutan bakau yang dibabat, untuk buka usaha peternakan babi itu,” kata Agus Wibowo, Wakil Ketua DPRD Bintan, belum lama ini. (aan/fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here