Panswaslu Soroti Pemasangan APK

0
393
Salah satu kendaraan roda dua saat melintas disamping umbul-umbul milik paslon Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang, Syahrul-Rahma dan H Lis Darmansyah-Maya Suryanti. f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

Terlalu Rendah dan Gampang Tumbang

Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Tanjungpinang, Maryamah menilai Alat Peraga Kampanye (APK) yang sudah dipasang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang terlalu rendah.

TANJUNGPINANG – Sehingga APK milik pasangan calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang mudah digapai oleh manusia. Baik itu APK jenis spanduk maupun umbul-umbul milik paslon nomor urut 1 H Syahrul-Rahma dan paslon nomor 2 H Lis Darmansyah-Maya Suryanti.

”Anak-anak saja bisa pegang spanduk dan umubul-umbul itu, terlalu rendah dipasang,” kata Maryamah kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (10/4).

Kalau bisa digapai dengan tangan, lanjut dia, bakal mudah APK dirusak hingga diambil atau dihilangkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Karena semua ini, belajar dari yang sudah pernah terjadi.

Belum lama ini, lanjut dia, spanduk salah satu paslon Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang dicopot orang yang tak bertanggungjawab. ”Nah ini kita tidak bisa menuduh siapa-siapa. Karena semua ini perlu bukti yang kuat, kalau si A mengambil spanduk tersebut,” terang dia.

Untuk mengindari ini semua, Maryamah menyarankan KPU Kota Tanjungpinang untuk kembali menata ulang spanduk maupun umbul-umbul yang sudah dipasang di pinggir jalan Tanjungpinang. Menata ulang yang dimaksud, adalah mengubah tinggi spanduk serta umbul-umbul milik dua paslon Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang.

Misalnya, tinggi spanduk serta umbul-umbul yang sudah dipasang hanya setengah meter saja. Sekarang ketinggian spanduk dan umbul-umbul diubah menjadi 2,5 meter. ”Sehingga spanduk dan umbul-umbul tersebut tidak mudah digapai dengan tangan. Kemudian, tidak semudahnya untuk merobek hingga menghilangkan spanduk dan umbul-umbul itu,” sebut dia.

Sementara itu, Devisi Perencanaan, Anggaran, Program dan Data KPU Kota Tanjungpinang, Zulkifli Riawan mengatakan tidak ada aturan yang mengatur soal ketinggian pemasangan APK milik paslon kepala daerah, dalam hal ini Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang tahun 2018. Mau itu APK jenis baliho, spanduk hingga umbul-umbul milik paslon nomor urut 1 dan nomor urut 2.

”Dengan ketinggian pemasangan yang kita lakukan ini sudah bersifat kewajaran. Karena memudahkan masyarakat untuk dibaca hingga diketahui oleh masyarakat luas khususnya di Kota Tanjungpinang,” sebut Zulkifli Riawan.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here