Panwas Sudah Bisa Terima Aduan Masyarakat

0
199
Indrawan

Tanjungpinang – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepri minta Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk segera bentuk serta susun struktur sekretariat di wilayah masing-masing. Struktur sekretariat Panwascam, dimulai dari kepala sekretariat, bendahara pembantu dan staf sekretariat Panwascam.

Hal ini disampaikan Indrawan Susilo Probowoadi, Divisi Hukum, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Provinsi Kepri kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (4/2).

Karena menurut Indrawan Susilo Prabowoadi, sekretariat yang dibentuk untuk membantu tugas pengawas Anggota Panwascam berada di kabupaten/kota masing-masing.

Baca Juga :  Bawaslu dan Kejari Perkuat Sentra Gakkumdu

Setelah itu, minta Indra lagi, anggota Panwascam di kabupaten/kota mulai melakukan koordinasi dengan pemangku di wilayah tersebut. Seperti Camat, Kapolsek, Danramil sampai dengan Tokoh masyarakat serta pemuka agama dan sebagainya.

Kemudian, Anggota Panwascam juga sudah bisa memetahkan potensi titik kerawanan di wilayah kecamatan, menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 ini.

Selain itu, anggota Panwascam sudah mulai memikirkan untuk membuat program terkait pengawasan di wilayah kecamatan tersebut. Misalnya, anggota Panwascam melakukan sosalisasi kepada masyarakat terkait pengawasan.

Baca Juga :  PKS Munculkan Lima Nama untuk Pilgub

Lalu, Anggota Panwascam untuk ikuti intruksi dari atasan (Bawaslu) sesuai di wilayah masing-masing, yaitu Bawaslu kabupaten/kota. Ini bertujuan, agar Anggota Panwascam tidak keluar dari aturan yang berlaku disaat menjalankan tugas selama tahapan Pilkada serentak 2020 ini.

Saat ini, lanjut dia, anggota Panwascam sudah mengawasi tahapan rekrutmen badan adhoc, yaitu aalon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten/kota.

Selain mengawasi, masyarakat juga bisa melaporkan ke Anggota Panwascam, apabila ditemukan pelanggaran di tahapan rekrutmen calon anggota PPK di wilayah nya masing-masing. Karena Panwascam kabupaten/kota membuat hingga membuka posko aduan dari masyarakat.

Baca Juga :  Pilkada, Antisipasi Masih seperti Pileg

”Lapor saja (Panwascam, red), apabila ditemukan pelanggaran di tahapan rekrutmen anggota PPK yang sedang diproses KPU di setiap daerah,” sebut dia. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here