Panwaslu Awasi Verifikasi Perindo dan PSI

0
757
VERIFIKASI: Komisioner Panwaslu, PPK dan PPS dan utusan parpol foto bersama setelah melakukan verifikasi di lapangan.F-istimewa panwaslu kota

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tanjungpinang bersama Panwascam intens melakukan pengawasan.

TANJUNGPINANG – Selain pengawasan penelitian lapangan terhadap dukungan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota jalur perseorangan yang dilakukan oleh PPK dan PPS.

Ia juga melakukan pengawasan verifikasi faktual terhadap keanggotaan parpol baru. Yakni parpol calon peserta pemilu 2019. Yaitu Perindo dan PSI, yang dilakukan oleh KPU. Verifikasi ini berlangsung tanggal 27-28 Desember, kemarin.

”Kami membagi empat tim pengawasan tersebar di empat kecamatan bersama staf dan Panwascam,” kata Maryamah Ketua Panwaslu Tanjungpinang.

Baca Juga :  Dewan Segera Bahas APBD 2020

Kata dia, pengawasan menyusuri dengan sistem door to door (rumah ke rumah) di kecamatan Tanjungpinang Timur, Bukit Bestari, Tanjungpinang Barat dan Tanjungpinang Kota. Hingga ke pemukiman warga tepilaut kawasan Teluk Kriting dan Kampung Bugis, Senggarang.

Muhamad Zaini, Koordinator (Kordiv) Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Panwaslu menambahkan, Panwaslu berupaya memastikan bahwa verifikasi dua parpol itu harus sesuai prosedur. Dan memastikan kebenaran masyarakat dalam memberikan dukungan kepada parpol. ”Tim pengawasan dibekali alat kerja dalam setiap pengawasan”, tegasnya.

Baca Juga :  KPU Terima Logistik PSU di Lima TPS

Kata dia, dari pengawasan di lapangan, tim KPU kesulitan menemukan sebagian keanggotaan parpol. Namun, masih ada peluang untuk berkomunikasi dengan tim penghubung parpol guna menghadirkan anggotanya, untuk memastikan dukungan terhadap parpol.

”Kita berharap semua parpol lolos proses tahapan di KPU dan dapat menjadi peserta Pemilu 2019. Sehingga akan semakin meneguhkan demokrasi di Indonesia”, ujar Zaini.

Sementara itu, Sulbi, Kordiv Hukum dan Penindakan Panwaslu menambahkan, Panwaslu siap melakukan pengawasan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai Berkarya dan Garuda, yang akan dilakukan KPU.(ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here