Panwaslu Gelar Bimtek untuk Mencegah Pelanggaran Pilwako

0
331
Komisioner Panwaslu Tanjungpinang bersalam-salaman dengan Panwascam usai menggelar Bimtek. F-Istimewa/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Sebanyak 12 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) ditambah 8 orang staf Panwascam telah mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang pencegahan pelanggaran pilwako Tanjungpinang.

Bimtek ini digelar oleh Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Tanjungpinang, dan berlangsung di Hotel Comfort Tanjungpinang, Sabtu (10/3).

Divisi Hukum Pencegahan dan Penindakan Panwaslu Kota Tanjungpinang, Masfurqon saat menyampaikan materi tentang tata cara pelaporan pelanggaran pilkada, mengatakan kalau ada temuan dugaan pelanggaran pemilu ada ditingkat pengawasan pemilu lapangan (PPL), harus dilaporkan.

Atas temuan, lanjut dia, anggota PPL langsung mencatat dugaan pelanggaran tersebut, apakah temuan tersebut masuk dalam kategori pelanggaran pilkada atau atau pidana.

Setelah dipilahkan jenis temuan tersebut, sambung dia, anggota PPL memiliki kewajiban untuk melaporkan ke Panwascam sesuai wilayah kerjanya. Panwaslu Kota Tanjungpinang berhak mengetahui temuan yang sudah disampaikan anggota PPL ke Panwascam tersebut.

Apabila temuan hanya masuk dalam kategori pelanggaran pemilu saja, pemilu, maka dapat diselesaikan di tingkat Panwascam saja dan diketahui oleh Panwaslu. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here