Parkir Sembarangan, Mobil Digembok

0
653
Mobil digembok petugas karena parkir sembrangan.f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tanjungpinang kembali melakukan penertiban kendaraan yang parkir sembarangan di badan jalan di kawasan Kota Lama, Senin (19/2).

Dari penertiban yang dilakukan di beberapa ruas jalan, satu mobil terpaksa harus digembok bannya.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Tanjungpinang, M Yamin mengatakan warga Tanjungpinang masih kurang kesadaran dalam memarkir kendaraan pribadi. Baik itu roda dua dan empat di daerah Jalan Merdeka, Tengku Umar, Gambir.

”Sudah kita kasih rampu-rampu kalau lokasi itu tidak boleh parkir, karena menganggu kendaraan lain, tapi masih banyak warga yang melanggarnya,” kata M Yamin, kemarin.

Baca Juga :  Puasa, Anggota Satpolair Bersihkan Sampah di Laut

Kata dia, mau tak mau, pihak Dinas Perhubungan Kota Tanjungpinang mengambil tindakan tegas dengan menggembok ban kendaraan.

Sambung dia, sebelum melakukan penggembokan pada roda kendaraan, petugas terlebih dahulu mengimbau para pemilik untuk segera memindahkan kendaraan. ”Apabila tidak mengindahkan teguran, maka kendaraan langsung digembok,” katanya Senin (19/2).

Menurutnya, pihaknya sebenarnya telah memasang tanda larangan parkir di sejumlah ruas jalan yang rawan kemacetan namun tetap dilanggar.

Dalam satu hari bisa tiga sampai lima kendaraan yang digembok, apabila baru satu kali membuat kesalahan maka dibuat surat pernyataan untuk tidak berbuat lagi namun bila mengulangi kembali maka dikenakan denda sebesar Rp 500 ribu sesuai dengan Peraturan Daerah nomor 4. ”Jadi untuk mencegah para pemilik mobil parkir sembarangan, kami mengambil tindakan tegas dengan menggembok ban mobil,” ungkapnya.

Baca Juga :  Rumah Veteran Dieksekusi, Penghuninya Ngamuk

Kata dia, bagi kendaraan yang parkir ilegal, petugas Dishub langsung menggembok ban sejumlah mobil yang parkir sembarangan di pinggir jalan sembari menunggu pemilik mobil datang untuk selanjutnya dilakukan penilangan, jika pemilik mobil tak kunjung datang, mobil yang telah digembok tersebut kemudian diderek.

”Dishub tetap menegur dan melakukan penggembokan sesuai aturan, namun toleransi dengan sentuhan hati tetap kita jalankan agar pengendara memindahkan kendaraan sesuai marka parkir yang telah di sediakan,” ujarnya. (ray)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here