Parkiran Pelabuhan Jagoh Diperluas

0
233
KAPAL feri Mv Super Jet saat bersandar di Pelabuhan Jagoh. F-ISITMEWA
Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Lingga melalui Dinas Perhubungan (Dishub), berencana akan memperluas kawasan parkir di Pelabuhan Jagoh, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga tahun 2020 mendatang.

LINGGA – Terkait hal ini, saat ini Dishub Lingga tengah mempesiapkan Detail Design Engineering (DED) pembangunan area parkir kendaraan Pelabuhan Jagoh.

”Kami telah memprogramkan pembangunan perluasan tempat parkir kenderaan bermotor, di Pelabuhan Jagih tahun 2020 mendatang,” kata Plt Kepala Dishub Lingga, Selamat, kemarin.

Ia menyampikan, dalam DED yang tengah diperiapkan ini untuk parkir kenderaan nantinya dibutuhkan penimbunan laut untuk menambah lahan.

Penimbunan laut beberapa meter ini, dilakukan kearah Pelabuhan Roro yang tidak jauh letaknya sari Pelabuhan Jagoh.

”Perluasan kawasan pelabuhan Jagoh nanti, kita lakukan dari laut pelabuhan Jagoh ke arah pelabuhan Roro. Bagian lautnya nanti kita timbun beberapa meter, dan jalan Keluar masuk juga kita benahi lagi agar lebih lapang,” jelas Selamat.

Perluasan tempat parkir kendaraan di Pelabuhan Jagoh penting dilakukan untuk mendukung upaya Pemkab Lingga memacu roda perekonomian warga.

Pelabuhan Jagoh sebagai pintu gerbang utama, untuk jeluar mausk ke Kabupaten Lingga tentunya pelabuhan ini membutuhkan sarana dan fasilitas yang memadai.

”Saat ini luas lahan parkir tidak sesuai lagi. Banyak kendaraan yang harus parkir di badan jalan. Ini tentu mengganggu kenyaman warga lain,” imbuhnya.

Selain itu, Januari lalu Selamat juga menyampaikan pentingnya keberadaan Pelabuhan Sungai Tenam juga salah satu pintu gerbang di Kabupaten Lingga khususnya Pulau Lingga.

Untuk itu, pihaknya akan meningkatkan pelayanan di pelabuhan tersebut.

”Fasilitas yang akan di tingkatkan di tahun 2019 ini diantaranya pembuatan auning atau atap pelabuhan untuk menambah jumlah personel serta peningkatan fasilitas ruang tunggu”, kata Selamat, Rabu (9/1).

Ia menyampaikan, sejak dioperasikannya Pelabuhan Sungai Tenam tahun 2016 lalu saat ini telah disinggahi empat kapal reguler.

Empat kapal tersebut, tiga diantanya tujuan tanjungpinang dan satu kapal feri tujuan Batam.

”Keempat kapal itu, berlayar setiap hari dengan jumlah penumpang yang melalui Pelabuhan Sungai Tenam jumlah lebih dari 100 orang perharinya,” terang Selamat.Lebih jauh dikatakannya, kapal feri Istiqoma tujuan Sungai Tenam-Pulau Batam yang saat ini hanya berkapasitas di bawah 50 penumpang.

Tahun 2019 ini, akan diganti dengan feri berkapasitas lebih dari 120 penumpang.

Pergantian kapal feri ini, berdasarkan informasi dari pihak operator kapal saat melakukan pertemuan dengan Pemkab Lingga beberapa waktu lalu.

”Saat pertemuan itu, pihak operator memastikan akan mengganti kapal feri yang lebih besar. Semoga hal ini segera terwujud,” harap Selamat. (TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here