Parpol Bukan Faktor Penentu Kemenangan

0
680
Endi Maulid (kiri) salam komando dengan Penjab Wali Kota Tanjungpinang Raja Ariza usai pelantikan di Gedung Daerah Tanjungpinang, belum lama ini.F-istimewa

Pengamat Politik Provisin Kepri Endi Maulid menilai dalam pilkada faktor partai politik tidak terlalu menentukan.

TANJUNGPINANG – Menurutnya, faktor penentu dalam pilkada adalah figur yang bartarung. Di Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang, 27 Juni mendatang, dua figur bertarung. Yakni, bakal calon Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah-Maya Suryanti dan H Lis Darmansyah-Rahma.

”Di pilkada Tanjungpinang yang menentukan bukan partai politik, tetapi figur yang bertarung. Misalnya Pak Lis dan Pak Lis ditambah lagi figur calon wakilnya seperti Ibu Maya dan Ibu Rahma sebagai penentu,” kata Endi Maulidi, belum lama ini.

Baca Juga :  Bawaslu Bangun Simpul Pengawasan Partisipatif

Kata dia, pemilih cenderung memilih figur-figur yang populer, aksesibilitas, dan lebih unggul dari kandidat yang lain.

”Pak Lis dan Pak Syahrul sudah menunjukkan presetasi di Tanjungpinang saat mereka sama-sama pemenang Pilwako 2013 lalu,” terangnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan partai politik dalam pilkada hanya sebagai kendaraan, bukan peserta pemilu. Partai politik, katanya dapat menjadi pendukung dan pengusung kandidat tertentu. ”Kita lihat nanti masyarakat memilih siapa antara paslon Lis-Maya atau Syahrul-Rahma,” tegasnya.

Supaya pilkada Tanjungpinang berjalan dengan baik dan golput rendah, ia mengajak kepada KPU Tanjungpinang, agar terus menyosialisasikan pilkada Tanjungpinang sampai ke masyarakat pesisir.

Baca Juga :  Elektabilitas Soerya Tertinggi

”Jangan sampai ada pesta demokrasi lima tahun sekali, warga kita yang tinggal di pesisir tidak mengetahuinya,” tegasnya.

Kemudian, ia minta juga kepada masyarakat, agar tidak golput. Saat ini KPU sedang melakukan coklit data pemilih, kata dia baiknya masyarakat berperan aktif, untuk mengukseskan pilkada Tanjungpinang.

”Masyarakat harus mengawasi pilkada Tanjungpinang agar berjalan dengan lancar, aman, jujur, adil dan damai,” harapnya.(ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here