Parpol Inginkan Lis dan Syahrul Head to Head

0
605
NAIK MOBIL: H Lis Darmansyah, H Syahrul dan Sekdako Riono naik mobil bersama di salah satu acara di Senggarang. F-istiewa/humas pemko tanjungpinang

Jelang Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2018

Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) serentak di Tanjungpinang masih setahun lagi. Namun, aromanya politiknya sudah mulai terasa saat ini.

TANJUNGPINANG – Pasalnya partai politik (parpol) sudah memunculkan jagoannya. Sudah ada parpol membentuk koalisi permanen. Bahkan, DPP Golkar sudah merestui Ade Angga, Wakil Ketua DPRD Tanjungpinang, sebagai bakal calon Wali Kota Tanjungpinang. Pilkada diprediksi akan menampilkan dua pasangan calon (paslon) yang akan bertarung secara head to head. Hal ini dikemukakan Pengamat Politik Provinsi Kepri, Endi Maulidi, kemarin. ”Dengan melihat dinamika politik, menganalisis dan besar kemungkinan Pilkada Tanjungpinang ending-nya akan menampilkan dua paslon yang bertarung secara head to head,” ujar Endi Maulidi kemarin.

Menurut mantan anggota DPRD Kabuapten Kepulauan Riau (Kabupaten Bintan sekarang) dua koalisi besar, yakni Koalisi Anak Pinang (Golkar, Demokrat, PKPI, PPP) dan Koalisi Setara (PKS dan Gerindra) ditambah PAN, akan membuat koalisi besar dan akan bertarung memperebutkan kursi nomor satu dan dua di Tanjungpinang pada tahun mendatang.

Baca Juga :  Sebelum Undur, Nama Rahma Dikeluarkan dari Fraksi di DPRD

Koalisi besar ini bakal menghadapi bakal calon yang bakal diusung oleh PDIP. ”Pilkada Tanjungpinang mau tidak mau, suka tidak suka akan menyesuaikan komposisi paslon yang bertarung dengan koalisi politik yang ada di nasional dan koalisi di Pilgub Kepri kemarin,” ujarnya.

Saat ini menurutnya, masyarakat sudah bisa membaca siapa bakal jadi wakilnya H Lis. Dari tiga nama yang telah mengikuti tes di DPP PDIP, masing-masing Maya Suryanti, H Adnan dan M Syarial, sudah bisa dibaca Lis bakal memilih Maya Suryanti.

Lis memilih Maya Suryanti untuk mendongkrat suara kaum perempuan. Dan, menongkrat suarat mantan Wali Kota Tanjungpinang Hj Suryatati A Manan. Kata Endi Maya masih memiliki masa di pilkada 2013 lalu, walupun ia kalah melawan Lis-Syahrul saat itu.

”Pak Lis memilih Maya untuk menambah kekuatan baru di pilkada mendatang,” bebernya.

Baca Juga :  Verifikasi Independen Harus Transparan

Ia juga memprediksikan H Syahrul juga bakal mencari bakal calon wakilnya dari kalangan perempuan. Informasi yang diterimanya, H Syahrul mengincar Dewi Kumalasari Ansar, tapi Golkar belum merestuinya.

Tinggal siapa bakal calon wakilnya H Syahrul belum bisa terbaca. Dua nama politisi digadang-gadang akan menjadi wakil Syahrul yakni Ade Angga dan Ing Iskandarsyah, keduanya juga belum mendapatkan lampu hijau dari DPP.

Kalau Koalisi Setara (Gerindra dan PKS), sudah di pastikan akan mengusung H Syahrul. ”Hitungan menit saja dukungan masih bisa berubah-ubah. Dukungan sudah sah kalau sudah mendaftar di KPU,” bebernya. Ia melihat peta politik masih bisa cair. Bisa saja nanti Hanura bergabung ke PDIP. Dan PAN bergabung ke Koalisi Anak Pinang atau Koalisi Setara.

Desember 2017 ini, ia memprediksikan H Syahrul dan H Lis Darmansyah pasti sudah mengumumkan ke publik siapa calon wakilnya. ”Sekarang ini pilkada sunyi karena parpol sibuk mendaftarkan partainya ke KPU sebagai partai peserta pemilu 2019,” bebernya.

Baca Juga :  NasDem Ingin Mendukung Calon Terbaik

Menurut dia Lis dan Syahrul bukan lagi calon petahana atau incumbent. Sebab, H Lis Darmansyah dan H Syahrul, masa jabatanya akan berakhir 16 Januari 2018. Pilkada baru di gelar 27 Juni 2018. ”Kalau saya baca parpol menginggikan H Lis Darmansyah dan H Syahrul head to head,” bebernya.

Sebelumnya, Ketua DPC Partai Demokrat Tanjungpinang Pepy Candra mengharapkan pilkada Tanjungpinang nanti, bakal calon Wali Kota H Syahrul dan H Lis Darmansyah kalau bisa head to head saja. ”Kita inginkan hanya dua calon saja yang maju. Pak Syahrul dan Pak Lis, kita lihat siapa yang bakal dipilih masyarakat,” harapnya.

Hal sama juga dikatakan Ketua DPD Golkar Ade Angga. ”Bisa saja Pak Lis dan Pak Syahrul bertarung,” bebernya.(ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here