Pasang Jaring Sampah

0
840
Bersih-bersih: Petugas DKP Pemko Tanjungpinang saat membersihkan sampah di Pelantar Tanjungpinang beberapa waktu lalu. f-dokumen/tanjungpinang pos

MBS saran untuk pak wako tpi, untuk mengatasi pembuangan sampah rumah tangga di laut sebaiknya tiap rumah/ tempat usaha yg di atas laut diberi pagar jaring masing2 agar sampah tidak hanyut ke laut dan penghuni bertanggung jawab terhadap kebersihan di lingkungan sendiri demikian juga area pasar.tks
+6285264194449

Minta Tong Sampah
Ass.. mlkm dinas kebersihan dan pertamanan kota tanjungpinangping… tolonglah minta tong sampah untuk di pelantar-pelantar masyarkat pesisir, agar sampah kami tidak berserakan di laut.
+6281261008748

TANGGAPAN:
Salam sehari ada sekitar 40 ton sampah yang dihasilkan Tanjungpinang. sampah berpuluh-puluh ton sampah tersebut seakan terjebak di segitiga bermuda antara, Tanjungpinang, Penyengat dan Kampung Bugis. kota kita diklasifikasikan sebagai kota sedang yang memiliki luas hanya 258,82 kilometer persegi dengan jumlah penduduk untuk periode tahun 2015 saja sudah 251,484 jiwa. Angka tersebut terus bertambah setiap tahunnya sebesar 0,04 persen. Ini penting untuk diketahui mengingat masalah sampah adalah masalah kita bersama.

Baca Juga :  Bukan Untuk Pelindo

Memang nyatanya, dara di tahun 2016 sudah menunjukkan peningkatan jumlah penduduk yang menembus angka 258,487 jiwa. Atas dasar tersebut juga menambah volume kegiatan jasa, industri dan bisnis di Kota tanjungpinang. Secara faktual peningkatan jumlah penduduk juga memengaruhi peningkatan kuota sampah, saat ini tercatat 1 hari itu sampah laut kita menembus angka 40 ton. Khusus untuk sampah, bahwa di tahun 2016 dari 61,326,04 ton timbulan sampah, hanya sebesar 24,890,17 ton yang mampu terangkut ke TPA.

Sementara sisanya belum terkumpulkan. Kita tidak bicara ego. Bukan menyalahkan pemerintah provinsi dengan alasan garis mil pantai merupakan hak pemprov, tapi bagusnya kita duduk bersama untuk memuntaskan permasalahan yang sudah berlarut ini. Kita mesti memberangus masalah sampah di Tanjungpinang. Pemko akan menggandeng Pemprov untuk membeli alat yang mampu mengurai sampah menjadi nilai kebermanfaatan yang tinggi. Daripada kita perluas lahan TPA, lebih baik beli alat mendaur ulang sampah. Saya akan suarakan ini ke pemprov dan juga Bintan, karana ini persoalan kita semua. (cr33)

Baca Juga :  Ayo Perbanyak Event Pariwisata

Lis Darmansyah
Walikota Tanjungpinang,

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here