Pasang Tanggul, Pasar Aman dari Banjir

0
690
Pasar: Suasana pasar yang kini aman dari banjir. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Kini kawasan Jalan Pasar Ikan, Kota Lama sudah jarang kebanjiran. Hal ini disebabkan pemerintah telah membangun tanggul atau semacam tembok tegak lurus yang berfungsi untuk mengatur muka air.

Hal itu diungkapkan juru parkir pasar Ikan Kota Lama, Ramdan kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (27/4). Ia menuturkan, dulu setiap hujan deras sekitar 30 menit maka akan ada genangan air.

Ini menyembabkan arus lalu lintas semakin sulit dan macet. Bahkan menyedihkan, kadang air dapat masuk hingga ke toko-toko.

”Dulu kalau hujan agak deras kawasan sini pasti tergenang. Kini sudah jarang tergantung kondisi air laut pasang atau tidaknya lagi,” ujarnya.

Jika hanya hujan, namun air laut tidak pasang, biasanya tidak ada genangan air di kawasan Pasar Ikan dan persimpangan Pelantar II tersebut.

Selain itu, jalan di kawasan Pasar Kota Lama sudah dilakukan peningkatan atau perbaikan. Sehingga terlihat lebih baik dari sebelumnya.

Ia mengaku senang dengan pembangunan tanggul dan jalan tersebut. Diketahuinya, tanggul yang berada di persimpangan Jalan Pasar Ikan dan Jalan Pelantar II ternyata mampu mengatasi banjir yang selalu hadir setiap hujan.

Menurut pengakuannya, kalau hanya hujan sekarang sudah tidak banjir lagi. Saluran air hujan sepertinya langsung mengalir ke laut.

”Kalau air laut pasang tinggi kawasan Pasar Kota Lama tetap banjir biasanya pada bulan Desember lalu,” ungkapnya.

Sari, warga Pelantar II mengatakan, kawasan rumahnya sering menjadi langgganan banjir. Apalagi saat air pasang meskipun tidak ada hujan.

Kini didepan tokonya terpasang tembok yang berfungsi membendung air agar tak masuk.

”Sudah bertahun-tahun daerah kami ini menjadi langganan banjir air pasang laut. Bahkan membuat pengujung tak nyaman,” tuturnya. Ia berharap ada perhatian dari pemerintah menyelesaikan. (cr27)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here