Pasar Bestari Bincen Penentu Piala Adipura

0
789
WARGA berbelanja di Pasar Bintan Centre, Batu Sembilan, dengan kondisi terdapat sampah. Kebersihan Pasar Bestari Bincen Tanjungpinang ini menjadi penilaian titik pantau Adipura.f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Pasar Bestari Bintancentre (Bincen) Tanjungpinang adalah penentu Kota Tanjungpinang, untuk kembali meraih piala Adipura tahun 2018. Karena, kawasan pasar tradisional ini menjadi satu titik pantau, dalam penilaian Adipura tahun 2018.

Justru itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Riono langsung meninjau lokasi Pasar Bestari Bincen Tanjungpinang, Kamis (8/3) kemarin. Saat meninjau, Riono masih melihat sampah plastik hingga sampah pedagang berserakan di lantai pasar. Tapi, ia menilai, masih dalam batas wajar. Karena aktivitas di pasar masih berlanjut. Ia menegur beberapa pedagang hingga pengelola Pasar Bestari Bincen, untuk membersihkan sampah setelah selesai aktivitas di pasar.

Baca Juga :  Masjid Raya Dompak jadi Objek Wisata Religi

”Pak, habis jualan kami bersihkan. Alhamdulillah, respon mereka sangat positif,” kata Riono.

Penialain piala Adipura di Tanjungpinang sedang berlangsung, mulai dari Kamis (8/3) sampai Jumat (9/3) ini. ”Kebersihan menjadi budaya kita,” ucapnya.

Jadi, ia katakan, kebersihan itu bukan dikarenakan adanya penilaian, seperti untuk mendapat piala Adipura maupun penghargaan lainnya. Tapi, kebersihan perlu perlu tumbuh dari kesadaran diri sendiri. ”Supaya kita terbiasa dengan hidup sehat dengan lingkungan di sekitar,” sebut dia.

Upaya hidup sehat disambut baik seorang pedagang sayur, Ani. Menurutnya, ia akan menjaga kebersihan di sekitar tempat jualannya. Supaya pengunjung pasar bisa merasa nyaman saat berkunjung hingga beli sayur dengannya. ”Satu hari dua hingga tiga kali saya sapu. Pokoknya, nampak kotor langsung saya sapu. Ya, biar terlihat bersih,” kata Ani.

Baca Juga :  Pedagang Minta Pasar Baru I Dibenahi

Ia berharap Pemko Tanjungpinang kembali meraih piala Adipura tahun 2018 ini. Karena sampai saat ini, Kota Tanjungpinang sudah bersih. Artinya, masyarakat sudah mulai sadar untuk buang sampah pada tempatnya. ”Mudah-mudahan sadar buang sampah ini sampai selamanya,” sebut dia. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here