Pasar Bincen Kekurangan Pasokan Ikan

0
152
SEORANG pedagang membersihkan sotong yang dijualnya, di Pasar Bestari Bincen, kemarin. f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – PASAR Bestari kawasan Bincen, Tanjungpinang kekurangan pasokan ikan segar. Selain masih dipengaruhi lebaran, pasokan ikan segar minim akibat nelayan takut melaut.

Menurut pedagang Bincen, pasokan ikan segar berkurang, sudah terjadi sepekan belakangan ini. Hal ini langsung dirasakan oleh Andi dan Arul. Mereka berdua yang selalu menjual ikan segar di Pasar Beatari Bincen.

”Mungkin masih momen lebaran. Saya rasa, nelayan kita masih menikmati lebaran ini bersama keluarganya. Mungkin juga takut melaut saat cuaca buruk seperti sekarang,” kata Arul salah satu penjual ikan, di Pasar Bestari Bincen Tanjungpinang, Rabu (27/6).

Dengan kondisi seperti ini, Arul hanya bisa menjual tiga jenis ikan segar. Yakni ikan segar jenis jebong, selar dan kasi. Sebelumnya, ia menjual berbagai macam jenis ikan segara, seperti ikan tongkol, ikan mata besar, ikan tamban dan ikan segar lainnya.

Tiga jenis ikan segar yang dijualnya mengalami kenaikan harga. Untuk jenis ikan segar jebong yang dijualnya saat ini sudah mencapai Rp 16 ribu per kilogram. Sebelumnya, harga ikan segar tersebut hanya kisaran Rp 13 ribu sampai Rp 14 ribu per kilo.

Kemudian, harga ikan selar saat ini telah mencapai Rp 55 ribu per kilo. Awalnya, harga ikan segar tersebut hanya Rp 40 ribu per kilo. Kalau ikan segar kaci mencapai Rp 35 ribu per kilo, dari kisaran Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu per kilo.

Ditambah, Andi mengatakan, kurangnya pasokan ikan segar dikarenakan cuaca hujan. Kemungkinan, kata dia, para nelayan enggan turun ke laut untuk menangkap ikan segar. Dan ini berdampak pada ikan segar yang dijualnya mengalami kenaikan harga. Baik ikan selar, tenggiri, tongkol, selikur, dan mata besar.

Ikan selar yang dijualnya Rp 60 ribu, dari kisaran Rp 40 ribu sampai dengan Rp 45 ribu per kilo. Ikan tenggiri dari Rp 55 ribu menjadi Rp 65 ribu per kilo, ikan tongkol dari Rp 28 ribu menjadi Rp 35 ribu per kilo, selikur dari Rp 25 ribu menjadi Rp 35 ribu per kilo, ikan mata besar dari Rp 20 ribu menjadi Rp 25 ribu per kilo.

”Harga udang tambak tetap Rp 100 ribu per kilo. Dan harga sotong 30 ribu per kilo,” sebut dia. (ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here