Pasar Bincen Masuk Penilaian Adipura

0
701
Pasar: Suasana Pasar Bestari Bincen Tanjungpinang. f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Kepala Pengelola Pasar Bintancenter (Bincen) Tanjungpinang, Dasmin menyebutkan jika pasar tradisional masuk salah satu item penilaian di Adipura 2017. Begitu juga dengan Pasar Bestari Bincen, Tanjungpinang.

Ia mengajak para pedagang hingga pengunjung pasar sama-sama menjaga kebersihan pasar. Kriteria penilaian mulai dari kebersihan lingkungan pasar tradisional, kerapian tempat jualan pedagang, penyediaan kompos hingga kebersihan toilet umum.

”Tim penialai Adipura menilai secara diam-diam. Jadi, kita tak tau kapan turun perlu kesiapan daei setiap pedagang dan pengujung agar sama–sama menjaga kebersihan,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (8/11).

Baca Juga :  Balita Diberikan Vitamin A dan Obat Cacing

Ia menilai semua pihak memiliki kewajiban bersama menjaga kebersihan lingkungan, termasuk pasar tradisional ini. Minimal pengunjung tidak membuang sampah semberangan. Pihaknya teleh menyediakan beberapa tong sampah. ”Minimal ini saja sudah ikut menjaga lingkungan,” paparnya.

Meski sudah ada petugas kebersihan, namun dalam hitungan menit, pasar bisa kembali kotor karena pengujung atau pedagang membuang sampah sembarangan.

Ia mengakui, para pedagang sudah mengerti dan mau menjaga minimal lingkungan meja atau kios miliknya. Setelah berjualan biasanya sampah di kumpulkan dan di buang. Bahkan terkadang petugas kebersihan yang menyambangi meja atau kios mereka. ”Yang paling susah di awasi pengunjung, tidak mungkin kita langsung menegur,” paparnya.

Baca Juga :  Tanjungpinang Pemasok Ikan Bilis ke Pekanbaru

Para petugas kebersihan biasanya juga rutin keliling membawa sapu dan sekop untuk membersihkan sampah yang terlihat di dalam maupun di luar pasar. ”Bukan masalah kita lepas dari tanggung jawab, kami inginkan masyarakat membiasakan membuang sampah pada tempatnya,” pintanya.

Bila jauh dari tong sampah, minimal memegang dahulu, sampai nanti menemukan dan membuang pada tempatnya. Banyak orang yang berfikir bahwa sampah mutlak kewajiban petugas kebersihan, padahal dengan tak membuang sampah sembarangan upaya membudayakan hidup bersih. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here