Pasar Jemaja Harus Direvitalisasi

0
401
Pasar: Suasana pasar ikan di Siantan, Anambas. F-INDRA GUNAWAN/TANJUNGPINANG POS

Anambas – Camat Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas Abdulah Sani mengatakan kondisi pasar ikan, pasar sayur dan pasar sembako di jalan Achmad H Ejis Kelurahan Letung Kecamatan Jemaja butuh direvitalisasi.

Kondisi bangunannya kini sudah tidak layak. Hal itu bisa dilihat dari tiang penyangga di bagian bawah bangunan yang sudah banyak yang putus hingga terancam roboh.

”Kita sudah ajukan untuk revitalisasi di sejumlah pasar itu. Tapi, tergantung dari pembahasan selanjutnya di tingkat kabupaten, apakah direalisasi atau tidak. Saya akan pertahankan ketika usulan itu dibahas di musrenbang kabupaten nantinya,” ungkap Abdulah Sani selaku Camat Jemaja ketika dihubungi Tanjunpinang Pos, Rabu (8/2).

Kata Abdulah Sani, usulan ini disampaikan para pedagang yang melakukan aktivitas jual beli di pasar saat ia meninjau dan berdialog dengan para pedagang.

Lantas, harapan para pedagang dan masyarakat itu bahwa yang menjadi kebutuhan mendesak mreka adalah, revitalisasi pasar.

”Tidak banyak yang mereka harapkan dan itu menjadi beban saya selaku camat. Oleh sebab itu, anggaran tersebut kami minta jangan sampai dipangkas atau dihilangkan,” sebut Abdullah Sani.

Ia menambahkan, selain dari pedagang, nelayan juga meminta pemerintah daerah agar menertibkan pekerja atau pengutil batu karang yang dijual kepada sejumlah masyarakat. Batu karang itu dijadikan pondasi bangunan rumah di atas laut.

Berdasarkan pantauan Tanjungpinang Pos, sejumlah bangunan yang berdiri di atas laut, berupa bangunan megah di bagian bawahnya menggunakan batu karang untuk pondasinya.

Mestinya, hal itu tidak diperbolehkan dan masih banyak alternatif lain seperti menggunakan tiang dari beton atau kayu sebagai pondasi bangunan.

”Kalau dibiarkan terumbu karang makin banyak yang dijarah,” sebut seorang warga, kemarin.

Ketika ditanya tentang hal itu, Abdulah Sani mengatakan kejadian tersebut sudah berlangsung lama. (INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here