Pasar Kota Lama Jadi Tempat Wisata

0
711
BUAT FILM: Artis Singapura saat syuting film di Kota Lama Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Fengky Fensito menuturkan, pasar tradisional Kota Lama bisa menjadi objek wisata untuk turis berbelanja. Untuk mewujudkan ini, butuh regulasi atau aturan dari pemerintah serta keseriusan untuk membenahi atau menata sehingga para pengujung nyaman.

”Saya kira Pasar Kota Lama itu sebanarnya bisa jadi tempat wisata belanja, khususnya oleh-oleh hasil laut yang di keringkan. Banyak yang suka, tinggal bagaimana mengatur serta keterlibatan para pedagang untuk mewujudkannya,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, beberapa waktu lalu.
Misalnya membeli ikan bilis, sotong dan lainnya. Masyarakat Tiongkok kebanyakan suka dengan hasil laut ini.

Maka pemerintah sekarang, perlu melakukan penataan tempat, hingga bagaimana pedagang mampu mem-packaging seluruh makanan agar terlihat bagus. Ini juga perlu, sehingga para turis tertarik untuk membeli. Selain itu juga mempertahankan kualitas.

Jangan sampai, Tanjungpinang hanya sebagain pintu masuk namun tak ada imbasnya kepada masyarakat. Sebab banyak yang akhirnya melancong ke Bintan. Bahkan lebih menarik lagi, jika bekerjasama dengan travel mengajak satu atau dua bus perhari turus-turis dari Bintan belanja ke Pasra kota Lama Tanjungpinang.

Ini juga bagus, tinggal bagaimana pengaturannya kembali. Serta lkedepan Tanjungpinang juga harus mampu menyediakan tempat wisatabaru. Tentu bukan untuk snoklling dan diving, itu pasti kalah. Namun ada hal lain yang bisa di-creat yaitu membuat kawasan hutan magrove yang dapat dilalui dengan nyaman dan representatif.

Warga Tiongkok juga senang berlibur melihat hutan magrove, untuk itu pemerintah harus menyediakan ini segera. Jangan sampai, Tanjungpinang hanya penonton tanpa ada hasilnya. Menurutnya, ada beberapa kawasan magrove yang berpotensi selian Sungai Carang juga kawasan Dompak. Ini bisa menjadi tour wisata yang ditawarkan ke pengunjung selain yang ada sekarang.

”Seperti Pulau Penyengat sangat menarik. Ini terkait sejarahnya, selain itu tentu perlu menyediakan tempat wisata lainnya. Pemerintah harus menyediakan,” tambahnya. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here