Pasar Pelantar Dilengkapi Papan Informasi Harga

0
487
DISPERDAGIN Kota Tanjungpinang telah memasang monitor display harga pasar. Papan informasi harga ini bantuan dari Kementerian Perdagangan RI. Monitor display harga ini di pasang di Pasar Bestari Bincen dan Pasar Baru Kota Lama Pelantar, Tanjungpinang. f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – DINAS Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Tanjungpinang menerima dua papan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS). Papan PIHPS yang diberikan dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) ini dipasang di Pasar Baru Kota Lama, kawasan pelantar. Satu lagi di Pasar Bestari Bintan Centre (Bincen) Tanjungpinang. ”Kita terima pada akhir tahun 2017 lalu,” kata Kepala Bidang (Kabid) Stabilitas Disperdagin Kota Tanjungpinang, Anik Murtiani, Selasa (13/3) kemarin.

Saat ini, dua papan PIHPS terus memberikan informasi tentang harga kebutuhan pokok kepada publik. Mulai dari harga cabai hingga kebutuhan pokok lainnya. Ada dua harga kebutuhan pokok yang ditampilkan dilayar monitor tersebut. Mulai dari harga kebutuhan pokok terendah, hingga tertinggi.

Harga kebutuhan pokok yang ditampilkan berdasarkan pantauan petugas Disperdagin Kota Tanjungpinang terhadap pedagang pasar. Dari hasil pantauan harga kebutuhan pokok tersebut, pihaknya langsung melaporkan ke Disperdagin Provinsi Kepri. Laporan yang selalu disampaikan tiga kali dalam satu minggu. Mulai dari Senin, Rabu dan Jumat.

Nanti, pihak Disperdagin Provinsi Kepri yang meneruskan harga kebutuhan pokok ke Kemendag. Karena yang upload harga kebutuhan pokok itu dari Kemendag. ”Kita tidak punya wewenang untuk menampilkan harga kebutuhan pokok di papan PIHPS,” ucap dia.

Karena, ini salah satu menyukseskan program sistem pemantauan pasar kebutuhan pokok SP2KP), yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat melalui Kemendag RI. ”Alhamdulillah, kita sudah terlebih dahulu melakukan ini,” terang dia.

Pada desain tampilan yang muncul pada layar monitor papan display, harga milik Kemendag dengan milik Pemko Tanjungpinang melalui Disperdagin. ”Harga kebutuhan pokoknya tetap sama. Kan kita yang memberikan laporan ke Pemprov Kepri dan diteruskan lagi ke Kemendag,” terangnya.

Rencananya, dua papan PIHPS akan diserahkan oleh Kemendag ke Pemko Tanjungpinang melalui Disperdagin, Juli 2018 nanti. ”Saat ini, yang operasikan Kemendag. Jadi, kalau ada apa-apa dengan papan PIHPS, masih tanggung jawab Kemendag, bukan kita (Diperdagin, red),” tegas dia.

Ia berharap, kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga fasilitas yang telah dipasang oleh pemerintah khususnya papan PIHPS di pasar Pelantar dan Bincen itu. ”Kita sama-sama pantau papan PIHPS,” sebut dia.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here