Pasar Rakyat Sekilo Beroperasi

0
251
Pasar Rakyat Sekilo di Seri Kuala Lobam, yang baru dioperasikan. f-jendaras/tanjungpinang pos

SERIKUALALOBAM – Pasar Rakyat Sekilo di Kecamatan Seri Kuala Lobam mulai beroperasi, baru-baru ini. Kios pasar rakyat yang dibangun sejak tahun 2016 ini, sudah 90 persen ditempati pedagang.

Adi M Nur, seorang pengurus pasar rakyat Sekilo mengatakan, pasar tersebut mulai beroperasi sejak tanggal 8 September lalu. Meski belum dilakukan peresmian, namun aktivitas jual beli sudah dapat dilaksanakan.

Ada 36 meja, 33 meja sudah ada pedagangnya. 3 meja menjual ayam, 1 meja daging dan 9 meja penjual ikan.

”Sisanya sebanyak 20 meja diisi penjual sayur mayur, perabotan dan sembako,” jelasnya, Senin (17/9).

Ia mengatakan, tiga meja yang masih kosong akan dipergunakan untuk penjualan barang lainnya yang belum ada di pasar tersebut. Kemudian, lanjutnya, ada empat kios yang dibangun. Tiga diantaranya sudah terisi pedagang.

”Selain pedagang dari masyarakat. Untuk setiap desa dan kelurahan serta kecamatan diberikan kuota satu meja. Sehingga, pedagang-pedagang dari setiap wilayah dapat berjualan di Pasar Sekilo ini,” sebutnya.

Untuk tahap awal, lanjutnya, tiga bulan pertama ini pengelola pasar hanya memungut biaya sebesar Rp5 ribu per meja, per harinya. Uang tersebut dipergunakan untuk bayar listrik, kebersihan dan keamanan.

”Nanti ke depannya, kalau sudah ramai, akan kami naikkan biaya tersebut sebesar Rp10 ribu per hari. Itu akan dipungut melalui Bank BPR Bintan. Jadi, kami kerja sama, biar pedagang juga dapat menabung serta administrasi keuangan pengelolaan pasar lebih baik dan jelas,” tambanya.

Jali, seorang pedagang mengatakan, dirinya cukup antusias dengan dibukanya Pasar Sekilo. Selain akan menggerakkan perekonomian, juga membuka kesempatan masyarakat menjadi pelaku usaha.

”Ya, cukup lumayan penjualan. Namun masih baru buka. Mungkin nanti akan lebih ramai lagi, karena letak Pasar Sekilo strategis diapit empat perumahan besar,” harapnya. (aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here