Pasien Rujukan Gunakan Aplikasi Online

0
324
SEORANG Dokter saat memberikan kepada pasien pada kegiatan pengobatan gratis di wilayah perbatasan yakni Desa Mengkait di Kecamatan Siantan Selatan F-ISTIMEWA

Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB), akan segera melaunching sistem rujukan secara online.

ANAMBAS – Aplikasi pelayanan secara online tersebut di beri nama E-CARE atau Elektronik Cepat Akurat Responsif dan Efektif. Yessi Ariesandi Sekretaris Dinkes PPKB mengatakan, direncanakan launching E-CARE akan dilaksanakan pada Minggu ke-III bulan Mei oleh Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris.

”Insya Allah setelah segala persiapannya rampung E-CARE akan segera di-launching oleh Bapak Bupati,” kata Yessi, Minggu (20/5).

Menurut dia, E-CARE merupakan salah satu solusi dalam memberikan pelayanan cepat untuk rujukan kepada masyarakat. Karena masyarakat dalam merujuk saudaranya yang sedang sakit nanti, tidak perlu membawa-bawa lagi tanda pengenal karena data warga sudah ter-input dalam database.

”Saat membawa saudara yang sakit kadang lupa membawa KTP, KK atu surat keterangan lainnya, hal ini menyebabkan terganggunya pelayanan, dengan aplikasi kita ini masyarakat tidak perlu lagi pusing karena datanya telah ada,” tuturnya.

Untuk awalnya, lanjut Yessi, E-CARE lebih kepada efektivitas rujukan dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) ke rumah sakit. Tetapi ke depannya akan dikembangkan, bukan hanya untuk rujukan saja namun untuk pelayanan di puskesmas lalu pengambilan obat dan lainnya.

”Untuk awalnya kita hanya rujukan terlebih dahulu, namun ke depan akan dikembangkan lagi menjadi semua pelayan menggunakan aplikasi,” jelasnya.

Untuk mendukung program ini, tambah Yessi, pihaknya bekerja sama dengan RT/RW dan kepala desa untuk meminta data-data masyarakat seperti KTP, KK, Kartu BPJS, untuk diinput dan dimasukan ke dalam database pada aplikasi E-CARE.

”Selain untuk menyukseskannya, kita juga menggandeng Diskominfo untuk memperlancar jaringan cepatnya aplikasi karena menggunakan internet,” sampainya.

Masih kata Yessi, ditemukannya aplikasi E-CARE pada awalnya karena saat melihat pasien yang kesulitan untuk rujukan. Hal ini membuat seperti merasa terpanggil, untuk bagaimana menciptakan sesuatu untuk mempermudah memberikan pelayanan kepada masyarakat.

”Inilah upaya kita untuk mempermudah memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat,” jelasnya. (INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here