Paskibraka Harus Beri Contoh Positif

0
172
Walikota Tanjungpinang memasangkan kendit kepada para Paskibraka Tanjungpinang 2019.

TANJUNGPINANG – Wali Kota Tanjungpinang H Syahrul mengukuhkan 34 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Tanjungpinang 2019. Pengukuhan dilaksanakan di Aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Senggarang, Kamis (15/8/2019) malam.

Ke 34 anggota Paskibraka itu merupakan pelajar yang lulus seleksi dari perwakilan SMA dan SMK di kota Tanjungpinang. Pasukan inilah yang nantinya akan mengibarkan bendera Merah-Putih dalam peringatan detik-detik Proklamasi 17 Agustus 2019.

H Syahrul mengatakan peran aktif Paskibraka merupakan bagian dari aset penting negara. Diharapkan menjadi teladan dan contoh positif bagi pelajar atau pemuda lainnya. Dalam memerankan perannya sebagai kekuatan moral, pengawaaan sosial dalam wujud wawasan kebangsaan dan pengetahuan akan potensi daerah.

“Anggota Paskibraka adalah SDM utama untuk pembangunan nasional dan agen kunci untuk perubahan sosial, pembangunan ekonomi, dan inovasi teknologi. Visi para pemuda adalah inti dari keberlanjutan pembangunan bangsa,” ucapnya.

Ia menuturkan, perekrutan Paskibraka merupakan pengembangan bagi generasi muda. Mereka diarahkan untuk meningkatkan kemampuan guna berperan sebagai transformator dan penerus cita-cita Proklamasi dan pelestarian Pancasila dan UUD 1945.

“Perlu disiapkan kader bangsa yang utuh dan paripurna, karena mereka adalah sumber insani bangsa yang sangat potensial bagi pembangunan dan pencapaian cita-cita nasional,” ucap Wali Kota.

Dikatakannya, moment pengukuhan Paskibraka ini merupakan hal yang sangat penting bagi keabsahan putra-putri yang telah di didik untuk melakukan pekerjaan penting negara dan langkah awal dalam menegakkan nilai-nilai nasionalisme kita kepada bangsa dan negara sebagai wujud cinta tanah air serta persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya pada peringatan ulang tahun ke ke 74 RI,

“Semangat para pejuang bangsa dan nilai perjuangan perlu kita wariskan kepada generasi bangsa secara berkesinambungan”, tambahnya

Pengukuhan ditandai dengan pengucapan ikrar dan pemasangan Kendit, dan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Wali Kota, Pj. Sekda, unsur FKPD, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Lurah, dan purna paskibraka. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here