Paslon Wajib Buka Rekening Kampanye

0
653
Ketua KPU Tanjungpinang, Robby Patria saat mensosialisasikan terkait mekanisme kampanye yang dimulai 15 Februari mendatang.f- Istimewa

TANJUNGPINANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang mengundang tim sukses (tim pemenangan) bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang dalam rangka menjelaskan mekanisme Kampanye yang dimulai 15 Februari 2018.

Pertemuan itu dilakukan, pada Selasa ( 30/1) di Kantor KPU Kota Tanjungpinang, Batu 8 Atas. Dalam kesempatan itu, pihak KPU menjelaskan terkait mekanisme kampanye dan penggunaan dana kampanye, selama Pilkada berlangsung yang harus dilaporkan calon kepada KPU.

Menurut Ketua KPU Tanjungpinang, Robby Patria, tanggal 14 Februari ini, setelah Paslon ditetapkan menjadi calon harus membuka rekening khusus dana kampanye atas nama pasangan calon. Berapapun dana yang dibuka dan dikumpulkan disetor di bank umum yang dijadikan tempat penyimpanan dana kampanye.

Baca Juga :  TMMD Ajak Pelajar Perangi Narkoba

“Karena seluruh pengeluaran dan penerimaan dana kampanye ini kalau tidak dilaporkan sangat merugikan calon. Bisa didiskualifikasi dari pencalonan jika sampai batas akhir Juni nanti tidak melaporkan seluruh dana kampanye,” kata Robby.

Ditambahkannya, KPU Tanjungpinang juga meminta, tim sukses untuk segera membuat desain alat peraga kampanye dan bahan kampanye. Alat peraga kampanye berupa spanduk, baleho, dan umbul umbul.

Sedangkan bahan kampanye berupa stiker, famplet, flyer, selebaran yang jumlahnya cukup banyak. “Kita minta tim ses segera menyerahkan desain tanggal 3 Februari,” ujarnya.

Baca Juga :  Menjembatani Batam Kota Digital

Bahan kampanye diberikan kepada calon untuk dibagikan pada saat kampanye di tengah tengah masyarakat. Sedangkan Alat Peraga Kampanye dipasang oleh KPU di tempat yang ditunjuk oleh pemerintah daerah.

Untuk baleho disiapkan oleh KPU lima buah per calon. Sedangkan umbul umbul sebanyak 20 per kecamatan dan spanduk sebanyak 2 per kelurahan. Selain itu, KPU Tanjungpinang juga akan memfasilitasi kampanye calon di 14 hari terakhir sebelum masa tenang di media cetak dan tv. Serta menyiapkan debat terbuka sebanyak tiga kali yang disiarkan langsung tv lokal dan bisa juga tv nasional.

Baca Juga :  Siswa SMP Tukul Harus Seberangi Pulau

“Semoga dengan kampanye dibantu KPU akan menambah pengetahuan masyarakat untuk mengenal calon wali kota dan calon wakil wali kota,” ujarnya. (mas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here