Paslon Wako Berebut Lumbung Suara

0
883
Tiga pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang mendengarkan arahan dari Wakil Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan Balon Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang, dr Sunarto di RSUP Tanjungpinang.F-Istimewa

Aroma Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang 2018-2023 mulai panas. Ada tiga bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang maju. masing-masing suah mengikuti tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Kepri Tanjungpinang. Pemeriksaan kesehatan mulai Jumat (12/1) sampai Minggu (14/1).

TANJUNGPINANG – Ketiga pasangan calon (bapaslon) ini sudah secara resmi mendaftar ke KPU Tanjungpinang yang digelar dari 8 Januari hingga 10 Januari lalu. Meski sudah mndaftar namun KPU belum mengumumkan siapa yang memenuhi syarat dukungan. Tiga pasangan calon yang telah melaksanakan tes kesehatan, yakni pasangan H Syahrul-Rahma (Sabar). Paslon ini diusung oleh Golkar (4 kursi), Gerindra (3 kursi) , PKS (3 kursi) dan di dukung oleh PKB dan PBB belum ada kursi. Total dukungan partai paslon Sabar 10 kursi.

Paslon H Lis Darmansyah-Maya Suryanti (Lisma) diusung oleh PDIP (7 kursi), Hanura ( 4 kursi) , Demokrat (3 kursi), PPP (2 kursi) , PKPI (2 kursi) dan PAN (2 kursi). Artinya, paslon Lisma didukung 20 kursi di DPRD Tanjungpinang. Gubernur Kepri H Nurdin Basirun yang juga Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Kepri, meminta para calon agar adu konsep pembangunan di Pilkada Tanjungpinang.

Baca Juga :  Pengamat Sebut Syahrul Bakal Bikin Kejutan

Sementara, ketua pemenangan Sabar, Ade Angga mengatakan, kekuatan, amunisi, strategi dan semua hal yang diperlukan untuk ”bertarung” dipersiapkan dengan tujuan bisa memenangkan ”pertarungan”. Bahkan Sabar sudah siap perang konsep dan ide pembangunan dengan calon lainnya.

”Insha Allah, dan kami juga minta dukungan dari masyarakat. Kami dari tim Sabar sudah siap adu konsep dan ide untuk melanjutkan pembangunan di Tanjungpinang lebih baik lagi,” kata Ade Angga, kemarin.

Ade Angga juga menjabat sebagai Ketua DPD Golkar Tanjungpinang, menjelaskan, ide dan konsep pembangunan perlu diadu agar mendapatkan lumbung-lumbung suara, dan bisa memenangkan pilkada Tanjungpinang.

Bahkan, ia akan menggelar kampanye sistem door to door, untuk menyampaikan konsep dan ide pembangunan yang bakal dibangun bila Sabar menang.

”Soal kampanye akbar belum kita bahas. Kita akan menggelar kampanye secara sederhana saja dengan sistem door to door,” tegasnya. Kata dia, tim saat ini terus merangkul dan menyusun tim pemenangan termasuk tim relawan dan tim sukses untuk memenangkan Syahrul-Rahma.

Baca Juga :  Lis Cocok ke Riono

Sementara itu, Ketua DPW PAN Kepri, H Hamid Rizal, salah satu partai pengusung Paslon Lis-Maya, merasa optimis pasangan H Lis Darmansyah menang di atas 60 persen di Pilkada Tanjungpinang. ”Insha Allah kemenang di atas 60 persen. Pak Lis sudah teruji dalam memimpin daerah,” kata Hamid Rizal, saat ditemu di sela-sela deklarasi Paslon Lis-Maya, di aula Asrama Haji Jumat (10/1) lalu.

Bupati Natuna ini yakin, untuk meraih kemenangan Paslon Lis-Maya, tidak terlalu sulit. Karena, menurutnya, masyarakat sudah melihat hasil pembangunan yang telah dibangun Lis. ”Warga sekarang sudah pintar sudah melihat hasil pembangunan yang telah dibuat Lis Darmansyah,” bebernya.

Hal sama juga disampaikan Ketua DPD Hanura Tanjungpinang, M Rona Andaka. Paslon Lisma bakal memenangkan pertarungan di pilkada ini. ”Insha Allah kita menang 70 persen,” bebernya di sela-sela deklarasi paslon Lisma.

Di pilkada Tanjungpinang periode 2013-2018 lalu, angka golput masih tinggi. Hasil pleno penghitungan suara di KPU Tanjungpinang pada pilkada 2013 lalu, nomor urut 2 Lis Darmansyah-Syahrul menang dengan perolehan suara sebanyak 39.129 suara atau 46,01 persen.

Baca Juga :  Soerya Ajak Semarakan Gotong Royong

Sedangkan pasangan nomor urut 1 Maya Suryanti-Tengku Dahlan berada di urutan kedua dengan perolehan 26.616 suara atau 31,30 persen. Kemudian pasangan nomor urut 4 Husnizar Hood-Rudy Chua memperoleh 13.838 suara atau 16,27 persen dan pasangan nomor urut 3 Hendry Frankim-Yusrizal memperoleh 5.459 suara atau sebesar 6,42 persen.

Pasangan Lis-Syahrul menang di tiga kecamatan dari empat kecamatan yang ada di Tanjungpinang. Di Kecamatan Tanjungpinang Timur, Lis-Syahrul memperoleh 14.411 suara, Maya-Dahlan 9.316 suara, Husnizar-Rudy 3.607 suara, dan Frankim-Yusrizal 1.588 suara.

Kemudian di Kecamatan Tanjungpinang Barat, Lis-Syahrul memperoleh 10.227 suara, Maya-Dahlan 7.041 suara, Husnizar-Rudy 3.873 suara, dan Frankim-Yusrizal 1.568 suara. Selanjutnya di di Kecamatan Bukit Bestari, pasangan Lis-Syahrul memperoleh 11.171 suara, Maya-Dahlan 6.602 suara, Husnizar-Rudy 4.523 suara, dan Frankim-Yusrizal 1.622 suara.(ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here