Pasokan Daging Ayam Terhambat

0
665
SALAH satu kandang produksi ayam potong milik Darno di Natuna yang menjadi pemasok ayam potong di pasar.F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

NATUNA – Hingga saat ini para pengusaha ternak ayam potong di Kecamatan Bunguran Tengah belum memasok bibit ayam. Hal ini akan berakibat, pada pasokan daging ayam menjelang lebaran mendatang. Salah satu pengusaha ternak ayam di Desa Harapan Jaya, Kecamatan Bunguran Tengah Darno mengaku, saat ini stok ayam potong yang tersedia masih berkisar 2.500 ekor. Sepekan ke depan sudah dipastikan habis terjual.

”Untuk satu kandang ada 2.500 ekor. Ini sudah siap potong. Karena beratnya sudah satu kilo lebih,” kata Darno, Senin (21/5).

Selanjutnya, dua minggu mendatang, sekitar seribu lebih ekor ayam juga siap di potong. Sehingga, stok ayam untuk dipotong sehari sebelum lebaran dipastikan kosong.
Apalagi hingga saat ini tutut Darno, dirinya belum memasok bibit ayam potong.

Baca Juga :  Terdakwa Illegal Fishing Beribadah ke Kelenteng

”Dengan ekonomi yang sedikit lesu, saya belum berani menyetok ayam potong lebih banyak lagi. Stok yang ada ini saja baru beberapa pelanggan yang memesan. Tetapi jika permintaan pelanggan lebih banyak dari hari biasanya. Sudah pasti 2.500 ekor ini habis dalam seminggu ke depan,” papar Darno.

Namun demikian, kata Darno, usaha ternak ayam banyak tersebar di beberapa kecamatan di Natuna. Sehingga, stok ayam potong di bulan Ramadan tahun ini tergolong aman.

”Ya gak cuma saya yang ternak. Mungkin tempat lain stok ayam potongnya jauh lebih banyak dari saya. Cuma dipastikan, kalau besok bibit ayam potong datang panennya pun lepas lebaran,” ungkapnya.

Baca Juga :  Puncak Semarung Dijadikan Lokasi Wisata

Saat ini, lanjut Darno, ia menjual ayam potong perkilonya masih berkisar Rp35 ribu. Namun, harga itu bisa berubah tergantung berapa banyak jumlah ayam yang dibeli. ”Apalagi untuk dijual kembali, dan pastinya tidak sama dengan yang cuma beli satu atau dua ekor,” tutupnya.

Sementara itu, Devi warga Ranai mengatakan harga ayam potong di pasar Ranai masih bertahan pada kisaran Rp40 ribu sampai Rp45 ribu. Harga tersebut mengalami kenaikan dari hari harga biasanya. ”Pada puasa kemarin saya beli daging ayam di pasar sudah naik jadi Rp 45 ribu perkilonya. Biasa harga normal itu Rp35 ribu perkilo,” katanya. (hrd)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here