Pasokan Ikan ke Tanjungpinang Berlimpah

0
634
MELAYANI: Pedagang ikan sedang melayani pembeli di kios ikan di Pasar Ikan, Kota Lama, Tanjungpinang. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Pasokan ikan ke Tanjungpinang akan semakin banyak. Bahkan, pemerintah Kota Tanjungpinang sudah bekerjasama dengan Natuna dan Anambas untuk memasok ikan. Tujuannya, agar pasokan ikan ke Tanjungpinang terjamin.

Ternyata, upaya pemerintah ini berdampak pada harga ikan yang cendrung semakin murah dan merugikan pedagang. Kini pasokan ikan di pasar-pasar Tanjungpinang berlimpah. Saat pasokan ikan melimpah, daya beli juga masih lemah.

Hal itu diungkapkan Nanang salah satu pedagang ikan di Pasar Tadisional Kota Lama, Tanjungpinang. Ia menyebutkan sebelumnya harga ikan sempat naik, kini sudah mulai turun. Meski demikian tak banyak yang dapat terjual.

Baca Juga :  Forum RT-RW Ikut Sukseskan Imunisasi MR

Hal ini dikarenakan, banyak masyarakat yang mayoritas ASN dan pekerja yang belanja pada hari libur, Sabtu dan Minggu. ”Tanjungpinang lebih banyak pegawai, jadi belanjanya sekali seminggu saja. Jika tak Sabtu yah Minggu,” ungkapnya.

Dituturkannya, sebelumnya, harga ikan tenggiri mencapai Rp 100 ribu per kilo dari biasanya hanya sekitar Rp 70 ribu. Kini sudah kembali normal, meski demikian, dalam sehari belum tentu dapat menjual 10 kilo.

Ia menyebutkan, harga ikan sekarang stabil. Seperti harga ikan tamban sekarang Rp 16 ribu dari sebelumnya Rp 17 ribu per kilo. Sedangkan pada ikan selikur dari Rp 30 ribu hingga Rp 32 ribu per kilo kini menjadi Rp 30 ribu per kilo.

Baca Juga :  Danlantamal Ajak Mempertebal Semangat Kebangsaan

Begitu juga dengan ikan mata besar kini Rp 28 ribu per kilo dari sebelumya Rp 30-32 ribu per kilo. Ikan kembung dari Rp 33 ribu kini juga menjadi Rp 28-30 ribu per kilo.

”Kita pedagang menjual sesuai dengan harga para nelayan, kini lebih murah dibandingkan minggu lalu,” katanya Senin (16/10).

Menurutnya, harga ikan sempat melambung dikarenakan kondisi cuaca saat pancaroba, dari angin Selatan ke angin Utara. Perubahan ini membuat angin kencang terjadi di laut. Sehingga hasil tangkap ikan yang dibawa ke pasar menjadi berkurang.

Baca Juga :  Harga Cabai Masih Tinggi

”Di musim itu biasa terjadi kenaikan harga ikan, sekarang harga ikan bisa stabil belum tentu tiga hari mendatang,” jelasnya. (ray)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here