Pasokan Minim, Kentang Langka

0
929
KENTANG: Lori bermuatan kentang menuju Pasar Puan Maimun untuk didistribusikan kepada pedagang setibanya dari Pulau Jawa.F-ALRION/TANJUNGPINANG POS

KARIMUN – Minimnya pasokan kentang ke Karimun membuat masyarakat sulit mendapatkannya meskipun, harga kentang saat ini naik Rp 4 ribu per kilogram (Kg). Permintaan pasar tetap normal seperti biasa, namun pasokan sangat sedikit.

Kentang yang masuk ke Karimun saat ini semua dari Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Sebelumnya, kentang juga dipasok dari Malaysia. ”Namun saat ini tidak lagi karena Bea dan Cukai kabarnya melakukan pengetatan masuknya barang dari Malaysia ke Karimun melalui kapal-kapal ikan,” kata Joa, pedagang sayuran di Karimun, kemarin

Baca Juga :  Dua Perusahaan Listrik Didesak Beroperasi

Dalam sepekan terakhir, harga kentang di tingkat pengecer terendah mencapai Rp 15 ribu per Kg dan naik Rp 4 ribu dari harga biasanya. Kenaikan kentang, dampak dari kenaikan harga di daerah asal dan tingginya permintaan di pasaran.

Kentang tiba ke Karimun, diangkut kapal dan sandar di pelabuhan rakyat kemudian dilansir ke penjual dengan menggunakan lori.
Proses ini menambah belanja modal pemasok kentang dan menutupi kerusakan pada kentang yang tidak bisa dijual kembali.

Untuk menekan harga kentang, petani di Karimun mencoba bertanam kentang. Namun, persoalan suhu dan kultur tanah yang tidak mendukung membuat hasil panen tidak sesuai dengan harapan saat panen tiba.

Baca Juga :  KSOP Gelar Apel Kesiapan Mudik

Kenaikan harga kentang diikuti berbagai jenis sayuran lainnya. Terutama sayuran dipasok dari luar Karimun seperti sawi putih.
Lainnya, seperti wortel, kol, bunga kol, harga cabai merah, tomat pada posisi normal di kisaran Rp 34 ribu per Kg. (yon)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here